Jogja
Kamis, 21 April 2016 - 04:20 WIB

WISATA GUNUNGKIDUL : Tujuan Pindul Sebagai Wisata Minat Khusus Belum Terealisasi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pemandu saat mengatur wisatawan yang akan menyusuri Gua Pindul, Sabtu (2/1/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Gunungkidul kaya, tetapi belum sesuai rencana

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyadari upaya menjadikan Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo sebagai wisata dengan minat khusus belum terelaisasi.Objek ini masih bersifat mass tourism dan belum ada pembatasan jumlah pengunjung.

Advertisement

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Saryanto mengatakan, butuh kerja ekstra keras untuk mewujudkan Gua Pindul sebagai wisata minat khusus. Saat ini pengelolaan masih mementingkan aspek bisnis semata, di mana kelestarian lingkungan hingga konservasi di sekitar obyek belum diperhatikan.

Dia tidak memungkiri, pengelolaan yang asal-asalan bisa berdampak terhadap keberadaan obyek tersebut. Bukti bahwa pengelolaan masih mementingkan segi bisnis bisa dilihat belum adanya pembatasan jumlah pengunjung yang masuk. Padahal dari sisi wacana, upaya ini sudah diserukan sejak lama.

“Masih sebagai mass tourism, dimana pengunjung yang datang maka seluruhnya akan dimasukan,” kata Sariyanto menjawab pertanyaan Harianjogja.com, Rabu (20/4/2016).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif