Sejumlah pemandu saat mengatur wisatawan yang akan menyusuri Gua Pindul, Sabtu (2/1/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja) Sejumlah pemandu saat mengatur wisatawan yang akan menyusuri Gua Pindul, Sabtu (2/1/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 21 April 2016 04:20 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

WISATA GUNUNGKIDUL
Tujuan Pindul Sebagai Wisata Minat Khusus Belum Terealisasi

Wisata Gunungkidul kaya, tetapi belum sesuai rencana

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyadari upaya menjadikan Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo sebagai wisata dengan minat khusus belum terelaisasi.Objek ini masih bersifat mass tourism dan belum ada pembatasan jumlah pengunjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Saryanto mengatakan, butuh kerja ekstra keras untuk mewujudkan Gua Pindul sebagai wisata minat khusus. Saat ini pengelolaan masih mementingkan aspek bisnis semata, di mana kelestarian lingkungan hingga konservasi di sekitar obyek belum diperhatikan.

Dia tidak memungkiri, pengelolaan yang asal-asalan bisa berdampak terhadap keberadaan obyek tersebut. Bukti bahwa pengelolaan masih mementingkan segi bisnis bisa dilihat belum adanya pembatasan jumlah pengunjung yang masuk. Padahal dari sisi wacana, upaya ini sudah diserukan sejak lama.

“Masih sebagai mass tourism, dimana pengunjung yang datang maka seluruhnya akan dimasukan,” kata Sariyanto menjawab pertanyaan Solopos.com, Rabu (20/4/2016).

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…