Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)
Kamis, 21 April 2016 08:10 WIB Mia Chitra Dinisari/JIBI/Bisnis Fokus Share :

TIPS HIDUP BAHAGIA
Begini Cara Atasi Kecanduan Medsos

Tips hidup bahagia mengajari Anda bagaimana menggunakan media sosial dengan cara bijak.

Solopos.com, SOLO – Selalu melihat notifikasi smartphone dan memeriksa akun jejaring sosial untuk melihat apa yang teman-teman Anda lakukan bisa jadi Anda telah kecanduan media sosial.

Hal ini bukan Anda saja yang mengalami, seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak orang yang sudah mengalami kecanduan media sosial tanpa mereka sadari.

Kecanduan media sosial bisa menyebabkan hal buruk misalnya saja pekerjaan yang terbengkalai, pengabaian orang sekitar, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara melepaskan diri dari kecanduan ini?

Berikut beberapa cara untuk melepaskan diri dari kecanduan media sosial seperti dilansir timesofindia.com, Rabu (20/4/2016):

Mengakui
Melepaskan kebiasaan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Langkah pertama adalah untuk mengakui kenyataan bahwa Anda memang kecanduan media sosial. Realisasi diri ini adalah langkah pertama dalam proses de-kecanduan.

Lakukan Bertahap
Jangan memaksakan diri melepaskan kecanduan dalam satu hari. Biarkan diri Anda secara bertahap menghentikan kebiasaan mengecek akun media sosial. Tahan godaan sesulit apapun itu dan mengatakan kepada diri sendiri Anda bisa mengalahkan keinginan tersebut.

Atur Waktu
Berikan waktu sekali dalam sehari untuk menghabiskan waktu berselancar di situs media sosial. Istirahat 10 sampai 15 menit dalam satu hari di malam hari untuk melakukannya. Anda juga bisa memilih waktu tergantung schedule.

Tidak Semua Orang Ingin Tahu Kegiatan Anda
Memposting kegiatan di Facebook setiap kali Anda mendatangi tempat “bagus” adalah hal yang cukup norak. Tidak semua orang di daftar teman Anda benar-benar ingin tahu apakah Anda sedang menonton film, makan malam di tempat yang mewah atau menonton matahari terbenam.

Alihkan dengan Kegiatan Lain
Alihkan diri Anda dengan kegiatan lain. Ada jauh lebih banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selain bermain di media sosial. Jika Anda hanya akan terpaku pada smartphone sepanjang waktu, akan membuat Anda tergantung pada teknologi.

lowongan pekerjaan
DAQU TRAVEL HAJI & UMROH SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…