Oppo F1 Plus (JIBI/Harian Jogja/dok. Oppo) Oppo F1 Plus (JIBI/Harian Jogja/dok. Oppo)
Kamis, 21 April 2016 21:15 WIB JIBI/Solopos/Newswire Gadget Share :

SMARTPHONE TERBARU
Ini Spesifikasi Lengkap Oppo F1 Plus

Smartphone terbaru Oppo F1 Plus resmi meluncur di Indonesia. Bagaimaan spesifikasinya?

Solopos.com, JAKARTA — Vendor asal Tiongkok, Oppo, hari ini resmi meluncurkan smartphone terbaru F1 Plus di Indonesia dengan harga Rp5,49 juta. Oppo F1 Plus memiliki keunggulan utama kamera depan 16 megapiksel (MP).

Sebagaimana dilansir Antara, Kamis (21/4/2016), menurut Brand Manager Oppo Indonesia, Alinna, smartphone terbaru F1 Plus sejalan dengan fokus Oppo sebagai ponsel kamera sesuai kebutuhan konsumen terhadap kemampuan fotografi tinggi.

Smartphone terbaru Oppo F1 Plus mengusung layar 5,5 inci berjenis IPS dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan kerapatan 440 piksel per inci (PPI). Perlindungannya dipercayakan pada Gorilla Glass 4 untuk mencegah goresan.

Untuk memudahkan multitasking, smartphone terbaru Oppo F1 Plus mengandalkan sistem operasi yang telah diperbarui yakni ColorOS 3.0. Sistem operasi diklaim 35% lebih cepat dibandingkan ColorOS 2.1.

Smartphone terbaru Oppo F1 Plus juga dilengkapi prosesor delapan inti Mediatek Helio P10 2.0 Ghz dan 4 GB RAM guna mengurangi lagging saat membuka banyak aplikasi.

Smartphone terbaru berbasis 4G itu memiliki dua slot SIM berukuran Nano. Media penyimpanan internalnya berkapasitas 64 GB dan dapat ditingkatkan hingga 128 GB dengan kartu MicroSD.

Dari segi pengisian baterai yang berkapasitas 2.850 mAh, Oppo menanamkan VOOC Flash Charge yang merupakan teknologi pengisian daya cepat dengan voltase rendah untuk menjaga suhu baterai.

Teknologi baru lain yang turut disematkan adalah Fingerprint Recognition, yang menjadikan smartphone terbaru F1 Plus sebagai produk pertama Oppo dengan pemindai sidik jari di bagian penampang depan dengan kecepatan 0,2 detik.

Korbankan Kamera Belakang?

Smartphone terbaru Oppo F1 Plus hadir dengan kamera depan yang kemampuannya di atas rata-rata, bahkan ketika dibandingkan dengan ponsel premium sekalipun. Demi hal tersebut, Oppo juga bisa dibilang sampai mengorbankan kamera belakangnya.

Dikorbankan bagaimana? Jadi kalau dilihat dari spesifikasi yang diusungnya, kamera depan smartphone terbaru Oppo F1 Plus yang 16 MP justru lebih tinggi kemampuannya dari kamera belakang yang hanya 13 MP. Tak cuma itu, bukaan kamera depan F1 Plus juga lebih baik dengan nilai f/2.0 dibanding f/2.2 di kamera belakang.

Dari situ bisa kelihatan kalau vendor Tiongkok itu memang benar-benar menonjolkan kamera depan di Oppo F1 Plus ketimbang kamera belakangnya. Meski demikian bukannya tanpa alasan Oppo melakukan hal yang dibilangnya out of the box ini. Oppo sesumbar hanya ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen.

“Kami coba berpikir out of the box. Selama ini kami mengembangkan kamera depan sampai mendapat hasil yang terbaik bagi konsumen, dan mudah digunakan. Komponen kamera yang kami gunakan juga yang terbaik demi konsumen,” ujar Public Communication Oppo Indonesia, Suwanto, seperti dilansir Detik, Kamis.

Alasan lain Oppo melakukan inovasi tersebut juga tak lepas dari keinginan konsumen saat ini. Menurut Suwanto, Oppo bukannya ingin berusaha menciptakan tren baru kamera depan ponsel yang lebih tinggi kemampuannya dari kamera belakang, tapi memang pasar yang meminta.

Apalagi kalau mengacu pada smartphone terbaru Oppo F1 yang sudah dipasarkan sebelumnya, Aryo Meidianto selaku Media Engagement Oppo Indonesia mengatakan, camera phone pertama Oppo tersebut menunjukkan antusiasme yang tinggi. Tak cuma di Indonesia, tapi di sejumlah negara yang disambanginya.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…