Jogja
Kamis, 21 April 2016 - 07:20 WIB

PNS DIY : BKD Yakin Tak ada PNS Misterius

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

PNS DIY dipastikan tak ada kesalahan data.

Harianjogja.com, JOGJA –– Badan Kepegawaian Daerah DIY memastikan tak ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) ‘misterius” yang berpotensi merugikan negara di wilayahnya. Data yang ada saat ini disebut merupakan data termutakhir yang bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya.

Advertisement

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto terkejut dengan kabar temuan 57.000 PNS misterius yang tak jelas keberadaan sosoknya oleh Badan Kepegawaian Negara. Meskipun demikian, Agus mengatakan pihaknya yakin seratus persen tak ada kesalahan data PNS di lingkungan DIY.

Terlebih menurutnya selama ini BKD selalu melakukan evaluasi dan pembaruan data setiap kali ada PNS yang mengundurkan diri atau pensiun. Pihaknya pun sudah mencoret data PNS yang sudah tak lagi terdaftar di lingkungan DIY.

“Disini komplit je pegawaine. Insya Allah yakin data kami benar, setiap hari kan kami lakukan pengecekan dan pembaruan data, jadi fix enggak ada seperti itu di DIY,” kata dia.

Advertisement

Temuan keberadaan PNS yang tak jelas keberadaannya itu terungkap setelah BKN melakukan Pendataan Ulang PNS (PUPNS) sejak setahun terakhir. Dalam proses pendataan itu para PNS wajib mendaftar secara pribadi via aplikasi e-PUPNS.

Dilansir Detik.com, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan awalnya mereka menemukan 93.000 PNS yang tak jelas keberadaannya. Setelah ditelusuri ulang, ternyata ada PNS yang sudah pensiun secara mandiri tetapi masih terdata dan belum tercatat di BKN.

Kondisi itu berbeda bila PNS pensiun secara normal karena bila melalui prosedur normal, BKN yang akan membuat surat keputusannya.

Advertisement

“Kalau pensiun sendiri kan ya keluar saja, hal itu yang kita bersihkan,” kata dia.

Dari hasil penyisiran itu, tersisa 57.000 PNS yang belum diketahui statusnya. Keberadaan 57.000 PNS misterius ini pun dikhawatirkan merugikan keuangan negara karena selama ini uang gaji PNS bisa jadi terus mengalir ke rekening PNS misterius tersebut.

Advertisement
Kata Kunci : Pemda DIY Pns Diy
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif