Jogja
Kamis, 21 April 2016 - 18:03 WIB

PENATAAN MALIOBORO : Trotoar Malioboro Mulai Dibongkar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah alat berat mulai menggali trotoar Jalan Malioboro, Kamis (21/4/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Penataan Malioboro mulai dilakukan dengan membongkar trotoar

Harianjogja.com, JOGJA – Setelah tertunda dua minggu sejak teken kontrak, pengerjaan fisik Malioboro akhirnya benar-benar dimulai Kamis (21/4/2016). Tahap awal pengerjaan ditandai dengan pembongkaran alas trotoar yang lama dengan backhoe dari depan hotel Inna Garuda.

Advertisement

Kontraktor PT Suci Karya Badinusa yang menangani pengerjaan Paket 1 Revitalisasi Malioboro, Wahyu Budianto mengatakan pengerjaan fisik memang baru direncanakan hari ini. Sebelumnya semenjak teken kontrak mereka menggelar diskusi dengan pihak Dinas Kebudayaan dan tim yang menangani revitalisasi Malioboro.

Diskusi itu dilakukan untuk memastikan keputusan akhir proyek yang menelan biaya Rp24miliar. Dengan begitu diharapkan tak ada perubahan konsep pada masa pengerjaan atau setelah dikerjakan.

“Kami juga tidak kerja dua kali karena perubahan mendadak, makanya selama dua minggu lalu kami memastikan desain dan konsepnya agar benar-benar fix,” kata Wahyu.

Advertisement

Tahap awal pembongkaran ini akan dilakukan sampai depan DPRD DIY. Bagian trotoar yang beralaskan batu candi menjadi target pertama. Setelah selesai dibongkar, area trotoar di sisi timur akan dicor dengan beton khusus.

Seusai pengecoran di area trotoar, pekerjaan akan dilakukan dengan mengeruk area teras yang ditandai dengan tegel berwarna merah. Pengerjaan bertahap ini menurutnya dilakukan agar pejalan kaki tetap bisa melintas dengan nyaman selama proyek berlangsung. PKL yang berada di sepanjang trotoar pun tetap bisa beroperasi meski harus menggeser lapaknya menyesuaikan progres pengerjaan.

“Setelah seluruhnya dicor, baru kita pasang alas teraso modern yang sudah disiapkan Pemda. Saat pemasangan ini PKL akan libur beberapa hari selama kami memasang teraso,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif