Sebuah alat berat mulai menggali trotoar Jalan Malioboro, Kamis (21/4/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja) Sebuah alat berat mulai menggali trotoar Jalan Malioboro, Kamis (21/4/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 21 April 2016 22:55 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PENATAAN MALIOBORO
Bau Busuk di Jalan Malioboro akan Dihilangkan, Ini Caranya

Penataan Malioboro akan dilakukan termasuk menghilangkan bau busuk yang selama ini muncul

Solopos.com, JOGJA- Selain memperbaiki permukaan trotoar, pengerjaan di Jalan Malioboro juga memperbaiki sistem drainase di sepanjang Malioboro. Selama ini drainase di Malioboro hanya berupa selokan kecil selebar 10cm berkedalaman antara 5-10cm. Selokan ini menjadi saluran pembuangan bagi pedagang kaki lima di sepanjang Malioboro.

(Baca juga : PENATAAN MALIOBORO : Trotoar Malioboro Mulai Dibongkar)

Kontraktor PT Suci Karya Badinusa yang menangani pengerjaan Paket 1 Revitalisasi Malioboro, Wahyu Budianto menilai kemungkinan aroma busuk yang kerap tercium muncul dari timbunan lemak di saluran pembuangan yang terlalu dangkal. Sebagai solusinya, mereka mendesain sistem drainase baru berkedalaman 30cm yang ditutup dengan grill galvanis.

Untuk memisahkan limbah lemak dan air, setiap beberapa meter dibuat sumur resapan khusus. Di titik-titik ini timbunan lemak yang terkumpul bisa dibersihkan secara rutin.

“Kami menduga bau itu dari limbah lemak yang tidak mengalir, makanya perlu ada sistem drainase khusus agar Malioboro lebih nyaman,” tutur dia, di sela pengerjaan trotoar, Kamis (21/4/2016).

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…