Jogja
Kamis, 21 April 2016 - 22:55 WIB

PENATAAN MALIOBORO : Bau Busuk di Jalan Malioboro akan Dihilangkan, Ini Caranya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah alat berat mulai menggali trotoar Jalan Malioboro, Kamis (21/4/2016). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Penataan Malioboro akan dilakukan termasuk menghilangkan bau busuk yang selama ini muncul

Harianjogja.com, JOGJA- Selain memperbaiki permukaan trotoar, pengerjaan di Jalan Malioboro juga memperbaiki sistem drainase di sepanjang Malioboro. Selama ini drainase di Malioboro hanya berupa selokan kecil selebar 10cm berkedalaman antara 5-10cm. Selokan ini menjadi saluran pembuangan bagi pedagang kaki lima di sepanjang Malioboro.

Advertisement

(Baca juga : PENATAAN MALIOBORO : Trotoar Malioboro Mulai Dibongkar)

Kontraktor PT Suci Karya Badinusa yang menangani pengerjaan Paket 1 Revitalisasi Malioboro, Wahyu Budianto menilai kemungkinan aroma busuk yang kerap tercium muncul dari timbunan lemak di saluran pembuangan yang terlalu dangkal. Sebagai solusinya, mereka mendesain sistem drainase baru berkedalaman 30cm yang ditutup dengan grill galvanis.

Untuk memisahkan limbah lemak dan air, setiap beberapa meter dibuat sumur resapan khusus. Di titik-titik ini timbunan lemak yang terkumpul bisa dibersihkan secara rutin.

Advertisement

“Kami menduga bau itu dari limbah lemak yang tidak mengalir, makanya perlu ada sistem drainase khusus agar Malioboro lebih nyaman,” tutur dia, di sela pengerjaan trotoar, Kamis (21/4/2016).

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jalan Malioboro
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif