Otomotif
Kamis, 21 April 2016 - 12:30 WIB

MOBIL NISSAN: MPV Serena Usung Fitur Autopilot, Ini Harganya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nissan Serena. (Paultan.org)

Mobil Nissan Serena dengan fitur autopilot meluncur tahun ini.

Solopos.com, YOKOHAMA – Nissan Motor Co dalam siaran resminya mengumumkan segera menghadirkan fitur autopilot untuk mobil model Serena. Sehingga tidak lama lagi mobil MPV itu akan mampu berjalan meski tanpa kendali seorang sopir.

Advertisement

Seperti kendaraan autopilot lainnya, mobil Nissan Serena juga telah dilengkapi sederet sensor untuk membaca situasi jalanan yang dilalui. Fungsi yang dapat diambil alih oleh sistem komputer antara lain akselerasi, pengereman, serta pengendalian (handling).

Kendati demikian autopilot yang ditanam Nissan tidak 100 persen, sehingga Serena masih dilengkapi setir. Penggunaannya pun dibatasi hanya dalam kondisi tertentu yang detailnya akan dijelaskan ketika peluncuran.

Salah satu fitur berbasis autopilot pada Serena adalah Autodrive Mode. Fitur itu membuat mobil melaju dan mengerem otomatis dalam kecepatan rendah. Cukup injak rem atau putar setir, maka fitur tersebut akan nonaktif dan Serena dapat dikendalikan seperti mobil pada umumnya.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Nikkei Asian, Rabu (20/4/2016), mobil Nissan Serena dengan autopilot akan dirilis Agustus tahun ini. Kisaran harganya pun sudah ditetapkan, yakni 2,5 juta yen atau sekitar Rp299,5 juta.

Dikatakan, Serena terbaru merupakan tahap pemanasan bagi Nissan sebelum pabrikan yang bermarkas di Yokohama, Jepang merilis mobil dengan kemampuan autopilot 100 persen tahun 2020 mendatang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif