Nissan Serena. (Paultan.org)
Kamis, 21 April 2016 12:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com/Newswire Roda 4 Share :

MOBIL NISSAN
MPV Serena Usung Fitur Autopilot, Ini Harganya

Mobil Nissan Serena dengan fitur autopilot meluncur tahun ini.

Solopos.com, YOKOHAMA – Nissan Motor Co dalam siaran resminya mengumumkan segera menghadirkan fitur autopilot untuk mobil model Serena. Sehingga tidak lama lagi mobil MPV itu akan mampu berjalan meski tanpa kendali seorang sopir.

Seperti kendaraan autopilot lainnya, mobil Nissan Serena juga telah dilengkapi sederet sensor untuk membaca situasi jalanan yang dilalui. Fungsi yang dapat diambil alih oleh sistem komputer antara lain akselerasi, pengereman, serta pengendalian (handling).

Kendati demikian autopilot yang ditanam Nissan tidak 100 persen, sehingga Serena masih dilengkapi setir. Penggunaannya pun dibatasi hanya dalam kondisi tertentu yang detailnya akan dijelaskan ketika peluncuran.

Salah satu fitur berbasis autopilot pada Serena adalah Autodrive Mode. Fitur itu membuat mobil melaju dan mengerem otomatis dalam kecepatan rendah. Cukup injak rem atau putar setir, maka fitur tersebut akan nonaktif dan Serena dapat dikendalikan seperti mobil pada umumnya.

Dikutip Solopos.com dari laman Nikkei Asian, Rabu (20/4/2016), mobil Nissan Serena dengan autopilot akan dirilis Agustus tahun ini. Kisaran harganya pun sudah ditetapkan, yakni 2,5 juta yen atau sekitar Rp299,5 juta.

Dikatakan, Serena terbaru merupakan tahap pemanasan bagi Nissan sebelum pabrikan yang bermarkas di Yokohama, Jepang merilis mobil dengan kemampuan autopilot 100 persen tahun 2020 mendatang.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…