Teknologi
Kamis, 21 April 2016 - 01:00 WIB

KAMERA TERBARU : Mirrorless Nikon 1 J5 Punya Kemampuan Sama DSLR

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nikon J1 5 (Liputan6.com)

Kamera terbaru Mirrorless Nikon 1 J5 diluncurkan di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Meski memiliki ukuran bodi mungil (98,3 mm x 59,7 mm  x 31,5 mm), kamera terbaru mirrorless Nikon 1 J5 diklaim memiliki kemampuan hampir setara dengan kamera DSLR profesional.

Advertisement

Seperti diketahui, Nikon D5 merupakan kamera terbaru DSLR kasta tertinggi Nikon yang membidik pasar fotografer profesional. Diperkuat dengan image processsor Expeed 5, Nikon D5 dibanderol Rp80 jutaan khusus body only.

“Kamera terbaru Nikon 1 J5 ditopang image processsor Expeed 5A, yang hampir setara dengan sensor yang dibenamkan di kamera DSLR full frame Nikon D5,” kata fotografer profesional Johnny Hendarta, seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (19/4/2016) di bilangan Mangga Dua, Jakarta.

“Bodinya yang mungil, membuat kamera terbaru Nikon 1 J5 nyaman dibawa untuk traveling. Desainnya terlihat stylish sehingga cocok untuk anak muda. Selain membidik pasar pemula, kamera ini juga bisa dijadikan second camera bagi para profesional,” ujar Johnny.

Advertisement

Soal spesifikasi, kamera terbaru mirrorless itu dilengkapi sensor 20,8 megapiksel (MP) berbeda dengan pendahulunya yang beresolusi 18,4 MP. Ukuran sensor masih sama seperti Nikon seri 1 sebelumnya, J4, yaitu 1 inci dengan crop factor 2,7x. Dengan spesifikasi tersebut, kamera ini sanggup melakukan pengambilan gambar 60 fps.

Bukan itu saja, kamera terbaru Nikon 1 J5 juga dapat merekam video 4K, namun kecepatannya terbatas yaitu 15 fps. Untuk display, kamera ini dilengkapi layar 3 inci yang bisa diputar ke atas hingga 180 derajat untuk pengambilan foto selfie dan bisa diputar ke bawah hingga 90 derajat yang memungkinkan pengguna mengambil foto dari berbagai angle.

Di bagian sisi bodi tertanam port micro-HDMI dan USB. Ada pula slot kartu memori jenis microSD yang bisa ditemukan di sebelah baterai di bagian bawah bodi.

Advertisement

Nikon juga membenamkan tombol putar/dial PASM untuk mengubah modus exposure. Tersedia juga tombol putar kedua yang berfungsi untuk membantu pengaturan kamera.

Untuk kenyamanan, kamera terbaru Nikon 1 J5 dipersenjatai grip yang terbilang besar. Soal harga, kamera ini dibanderol di bawah Rp5 juta, yang dipaket dengan lensa 10-30 mm (equiv 27-81 mm) F3.5-5.6.

Advertisement
Kata Kunci : Kamera Terbaru Nikon 1 J5
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif