Teknologi
Kamis, 21 April 2016 - 00:10 WIB

INOVASI TEKNOLOGI : NASA Tanam Kentang di Mars

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi NASA menanam kentang di Mars (NASA)

Inovasi teknologi dilakukan NASA dengan menanam kentang di Mars.

Solopos.com, SOLO – Badan Antariksa Amerika (NASA) mengembangkan pertanian kentang di Mars. Mereka percaya lingkungan yang terkontrol, memungkinkan menggunakan tanah Mars untuk menumbuhkan kentang.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan Perfscience, Rabu (20/4/2016), para peneliti NASA dan International Potato Center yang berbasis Lima, Peru, telah melakukan tes pada 65 jenis kentang Peru untuk melihat mana dari mereka yang bisa ditanam di Mars.

Kentang menjadi makanan bagi astronot yang mungkin akan memulai misi ke Mars pada 2030-an karena tanaman ini mudah beradaptasi dengan berbagai iklim. Selain itu, kentang sangat bergizi dan memiliki semua elemen makanan yang harus dimiliki.

“Ini bukan tugas yang mudah untuk mengambil organisme hidup Bumi ke tempat lain di ruang angkasa. Para ilmuwan juga belum pernah melakukan itu sebelumnya,” kata astro-biologi NASA, Julio Valdivia-Silva.

Advertisement

“Saya sudah melakukan tes dalam kondisi tertekan, tetapi tidak pernah jadi stres. Saya tidak berpikir mereka akan tumbuh di udara terbuka di Mars. Mereka harus menanam mereka di bawah kondisi yang terkendali, di kubah,” kata ilmuwan Walter Amoros dari International Potato Center seperti dilansir Okezone.com.

NASA berencana meluncurkan misi berawak ke Mars pada 2030-an, dan lembaga ini akan manfaatkan program kentang jika astronot menumbuhkan makanan di planet itu.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif