Timnas Swiss (Bgr.in)
Kamis, 21 April 2016 02:10 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Profil Tim Share :

Inilah Profil Timnas Swiss

Timnas Swiss bakal turun dalam putaran final Piala Eropa 2016.

Solopos.com, SOLO – Swiss berhasil menembus putaran final Piala Eropa 2016 setelah menjadi runner up grup E babak kualifikasi. Kini mereka pun siap menjadi kuda hitam di ajang empat tahunan tersebut.

Swiss memang tak memiliki rekam jejak bagus di Piala Eropa. Prestasi terbaiknya hanya bisa lolos ke putaran final. Artinya dia selalu gagal di fase grup dan tak sanggup melaju ke babak knock-out.

Bahkan di edisi sebelumnya, Swiss tak mampu berbuat banyak dan gagal ke putaran final. Lain halnya dengan Euro, kiprah Swiss di Piala Dunia cukup baik dengan pernah menembus babak perempatfinal.

Kini mereka pun berharap mampu berbuat banyak di Piala Eropa 2016 Prancis. Apalagi mereka kini memiliki sejumlah nama yang cukup tenar di dataran Eropa. Sebut saja bek kanan Juventus, Stephan Lichtsteiner, Ricardo Rodríguez (Wolfsburg), Xherdan Shaqiri (Stoke City) dan Granit Xhaka (Borussia Monchengladbach).

Pelatih Vladimir Petrovik pun tak sulit untuk menentukan skuat utamanya nanti. Apalagi Petrovic juga memanggil sejumlah nama muda. Mereka juga akan dikombinasikan dengan pemain senior semacam Philip Senderos.

Di Euro 2016, Swiss tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Prancis, Albania, dan Rumania. Prancis mungkin akan jadi lawan terkuat Swiss. Tapi mereka tak boleh meremehkan Rumania yang mampu menjadi kuda hitam di ajang ini. Apalagi Rumania beberapa waktu lalu mampu menahan imbang Spanyol 1-1.

Swiss mungkin akan sangat mengandalkan para pemainnya yang sudah malang melintang di liga top Eropa. Sebut saja Xhaqiri yang kini bermain di Inggris bersama Stoke City. Sebelumnya pemain mungil itu pernah membela raksasa Jerman, Bayern Munchen, dan tim top Italia, Inter Milan.

Tak ayal dengan sejumlah nama tenar yang dimiliki saat ini, Swiss memiliki misi untuk menyudahi rekor buruk di Piala Eropa. Mereka tentu ingin melewati fase grup untuk kali pertama setelah dalam tiga edisi yang diikutinya (1996, 2004, dan 2008) harus angkat koper di babak tersebut.

Berikut skuat sementara Timnas Swiss:

Kiper: R. Burki, Y. Sommer, M. Hitz

Bek: R. Rodriguez, N. Elvedi, F. Schar, F. Moubandje, P. Senderos, S. Widmer, T. Klose, M. Lang, S. Lichtsteiner

Tengah: R. Steffen, B. Dzemaili, G, Fernandes, L. Zuffi, G. Xhaka, P. Kasami

Depan: A. Mehmedi, B. Embolo, S. Tarashaj, H. Seferovic

Pelatih: V. Petkovic

lowongan pekerjaan
PT. SEJAHTERA MOTOR GEMILANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….