Meme Kartini (Twitter.com/@dwiazalia3) Meme Kartini (Twitter.com/@dwiazalia3)
Kamis, 21 April 2016 10:25 WIB Evi Handayani/JIBI/Solopos.com Internet Share :

HARI KARTINI
Meme Inspiratif Peringati Hari Lahir ke-137 Kartini

Hari Kartini selalu diperingati tiap 21 April.

Solopos.com, SOLO — Peringatan hari lahir Kartini, Kamis (21/4/2016), diiringi dengan kemunculan gambar kreatif (meme) inspiratif. Mulai dari kutipan kata mutiara Raden Ajeng Kartini hingga statement motivasi dari public figure Tanah Air.

Sebagaimana diketahui publik, Kartini adalah sosok penting yang dianggap sebagai simbolisasi kesadaran emansipasi atau kesetaraan hak wanita Indonesia. Ia lahir di Jepara, 21 April 1879 dan meninggal pada 17 September 1904, pada usia 25 tahun, setelah melahirkan anaknya, Soesalit Djojoadhiningrat, pada 13 September 1904.

Sehubungan dengan peringatan Hari Kartini, untuk mengingat semangatnya dalam memperjuangkan emansipasi wanita, pengusaha sukses dan motivator Merry Riana, mengunggah meme berisi kalimat motivasi tentang sosok wanita yang menginspirasi.

Jdlah wanita yg bs memanfaatkan kesempatan, bs bertindak, & bs memberikan inspirasi. Selamat Hari Kartini! :),” tulis Merry Riana.

Meme inspiratif Hari Kartini (Twitter/@MerryRiana)

Meme inspiratif Hari Kartini (Twitter/@MerryRiana)

Sementara itu, kata-kata bijak Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, menjadi meme inspiratif yang diunggah akun Twitter Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Dalam meme kali in tertulis “Perempuan mengalami kemajuan luar biasa di masa kini. Kalau perempuannya hebat, saya percaya anak-anak bangsa dapat menjadi pemimpin yang hebat. M. Hanif Dhakiri.”

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter.com/@KemnakerRI)

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter.com/@KemnakerRI)

Sedangkan Humas Jateng memberi fakta menarik tentang penggunaan nama Kartini sebagai nama jalan di Belanda.

Foto jalan di Belanda yang menggunakan nama R. A. Kartini (Twitter.com/@humasjateng)

Foto jalan di Belanda yang menggunakan nama R. A. Kartini (Twitter.com/@humasjateng)

Bila ditilik dari catatan sejarah Kartini, buku kumpulan suratnya yang legendaris Habis Gelap Terbitlah Terang memang tak lepas dari peran sahabat Kartini berkebangsaan Belanda, Abendanon, yang mengumpulkan dan membukukan surat-surat berisi buah pikir Kartini, tentang emansipasi wanita. Maka tak heran bila nama Kartini tidak asing lagi di negeri Kincir Angin tersebut.

“Namanya diabadikan sbg nama 4 jalan raya di Belanda: Amsterdam, Utretch,Veerlo, &  Harleem #FaktaKartini #Kartini137,” tulis @humasjateng.

Berikut sejumlah meme kata-kata bijak Kartini yang diunggah pengakses Internet (netizen) dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-137.

Meme mempeingati Hari Kartini (Twitter.com/@CitraKarya_Eco)

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter.com/@CitraKarya_Eco)

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter.com/@kppgoid)

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter.com/@kppgoid)

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter/@dwiazalia3)

Meme peringatan Hari Kartini (Twitter/@dwiazalia3)

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….