Beberapa Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) mengikuti pameran yang digelar oleh BPD DIY di The Sahid Rich Jogja Hotel, Kamis (21/1/2016). (Bernadheta Dian Saraswati) Beberapa Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) mengikuti pameran yang digelar oleh BPD DIY di The Sahid Rich Jogja Hotel, Kamis (21/1/2016). (Bernadheta Dian Saraswati)
Kamis, 21 April 2016 15:55 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

EKSPOR DIY
Kebanyakan Ekspor UMKM DIY Melalui Perantara

Ekspor DIY oleh UMKM kebanyakan dilakukan dengan jasa perantara

Solopos.com, JOGJA- Kasi Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) DIY Minorita mengungkapkan, masih bayak UMKM di DIY yang menggunakan jasa perantara.

“Ada sekitar lebih dari 50 persen yang menggunakan jasa perantara,” ungkap dia, dalam Policy Dialogue Series Peran Jasa Perantara dalam Meningkatkan Ekspor UMKM di Grand Aston, Jogja, Rabu (20/4/2016).

Ia mengakui, keberadaan perantara ekspor sangat diperlukan terutama untuk usaha yang masih kecil. Ketika harus mengurus keperluan ekspor sendiri, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dan memberatkan. Berbeda ketika ekspor dilakukan secara kolektif melalui perantara, biaya pengiriman akan jauh lebih ringan.

“Selain itu, kalau perusahaan besar, risiko sebesar apapun mereka berani tanggung. Berbeda dengan usaha yang masih kecil,” ungkap dia.

Mengenai campur tangan Pemerintah dalam hal perantara ekspor, ia mengaku belum bisa berkomentar banyak karena program ini baru akan mulai dilaksanakan dan tataran kebijakan berada di Pemerintah Pusat.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengungkapkan, dialog ini bertujuan untuk melihat peran apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ekspor¬† UMKM. “Kami ingin merumuskan kebijakan untuk meningkatkan peran UMKM dalam mendorong ekspor Indonesia,” papar dia.

lowongan pekerjaan
PENGAWAS&ESTIMATOR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…