Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)
Kamis, 21 April 2016 09:21 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

DANA DESA
Tahap Pertama Harus Terserap Minimal 50%

Dana desa di Sleman segera dicairkan.

Solopos.com, SLEMAN- Pecairan dana desa tahun ini akan dilakukan akhir April ini. Untuk tahap pertama, masing-masing desa menerima 60% dana yang telah ditentukan sebelumnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Sleman, Mardiana menjelaskan, proses pencairan masih berjalan di Dinas Pengelolaan Pendapatan dan Aset Daerah (DPKAD). Tahun ini, total dana desa yang dialokasikan untuk 86 desa di wilayah Sleman sebesar Rp63 miliar. Berdasarkan  peraturan presiden (PP) No.8 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.49/2016, penggunaan dana desa tahun ini dibagi dalam dua tahap.

“Tahap pertama turun 60 persen dan tahap kedua 40 persen,” katanya, Rabu (20/4/2016).

Dia menerangkan, berdasarkan ketentuan tersebut, penggunaan dana desa tahap pertama yang efektif empat bulan ke depan, keterserapan dananya harus bisa mencapai minimal 50% sebelum mencairkan dana desa tahap kedua. Dia menjelaskan, jika termin pertama dana desa dicairkan pada April maka untuk termin kedua pencairannya dilakukan pada Agustus mendatang.

“Syarat pencairan dana berikutnya masih sama. Pemdes harus menyerahkan laporan pertanggungkawaban penggunaan dana desa termin sebelumnya,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….