Otomotif
Rabu, 20 April 2016 - 14:45 WIB

TIPS OTOMOTIF: Begini Cara Cek Kesehatan Rantai dan Gir Motor

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rantai dan gir sepeda motor. (Motorcycle.com)

Tips otomotif kali ini tentang cara mengecek rantai dan gir sepeda motor.

Solopos.com, SOLO – Rantai dan gir merupakan komponen penting yang turut memengaruhi performa sepeda motor selain mesin. Supaya dua komponen itu tetap sehat, ada baiknya Anda rutin mengeceknya dengan tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari laman Motorcycle, Selasa (19/4/2016), tips pertama adalah dengan mengecek fisik rantai. Jika kondisinya berkarat, segera bersihkan dengan cairan anti-stain. Setelah bersih, olesi rantai dengan pelumas khusus seperti chain lube.

Masih seputar rantai, kondisi baik/buruknya komponen tersebut dapat dilihat dari tingkat kekendurannya. Rantai yang sudah berumur umumnya akan mengendur dan membuat tenaga dari mesin tidak tersalur sempurna ke roda belakang.

Tips paling mudah untuk mengatasinya yaitu dengan memotong sejumlah mata rantai. Tetapi jika masih tetap kendur setelah beberapa kali pemakaian, itu menandakan sudah saatnya rantai diganti karena penghubungnya sudah getas.

Advertisement

Sementara untuk gir, Anda juga dapat mengeceknya lewat tampilan fisik. Jika gerigi gir sudah meruncing, sebaiknya segera diganti. Sebab pada kondisi tersebut rantai berpotensi besar untuk terlepas atau los ketika motor sedang berjalan. Hal seperti itu tentu sangat membahayakan, terlebih jika motor tengah dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tips terakhir, Anda juga dapat mengecek keadaan rantai dan gir melalui suara. Jika dua komponen itu bermasalah, biasanya ketika motor melaju akan muncul bunyi-bunyi kasar dan berdecit yang cukup mengganggu telinga.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif