Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma) Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)
Rabu, 20 April 2016 21:30 WIB Gemal Abdel Nasser P/JIBI/Bisnis Hukum Share :

SUAP RAPBD RIAU
Ini Pentingnya Pembatalan Pelantikan Bupati Rokan Hulu Bagi KPK

Suap RAPBD Riau membuat pelantikan Bupati Rokan Hulu ditunda.

Solopos.com, PEKANBARU — Pelantikan Bupati Rokan Hulu Suparman dibatalkan secara mendadak oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) setelah berkoordinasi dengan KPK menyusul penetapan tersangka Suparman atas kasus korupsi.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan pembatalan pelantikan Suparman bertujuan untuk membersihkan politik Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Saut sempat menyarankan kepada Pelaksana Tugas Gubernur Riau agar pelantikan Suparman ditunda. “Pembatalan Suparman sebagai bupati Rokan Hulu agar politik di Indonesia bersih, jujur dan adil,” katanya saat dihubungi Bisnis/JIBI, Rabu (20/4/2016).

Saut meminta Suparman tidak dilantik ?karena statusnya sebagai tersangka agar menghormati proses hukum yang sedang berjalan sebagai pertimbangannya. Menurutnya, pembatalan pelantikan itu bernilai tentang kejujuran dan keadilan, meski tidak ada dasar hukum yang mengatur pembatalan Kepala Daerah yang telah ditetapkan sebagai tersangka. ?”Banyak nilai-nilai dalam pembatalan pelantikan itu,” jelasnya.

Riau adalah salah satu provinsi yang menjadi sorotan KPK karena tiga gubernur dalam tiga periode berturut-turut terjerat kasus korupsi. Mereka ialah Saleh Djasit, Rusli Zainal, dan Annas Maamun yang ditahan KPK dengan kasus yang berbeda. KPK juga menetapkan dua Ketua DPRD Riau, yaitu Johar Firdaus dan Suparman yang menjadi Bupati Rokan Hulu terpilih sebagai tersangka suap rancangan APBD.

Di sisi lain, anggota DPR Fraksi Golkar, Aziz Syamsudin, mengatakan seharusnya Bupati Rokan Hulu terpilih Suparman tetap dilantik meski ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK. “Seharusnya, Mendagri mengedepankan azas praduga tak bersalah. Seharusnya, Suparman tetap dilantik, hari ini,” katanya saat dihubungi.

Menurut Aziz, status tersangka Suparman tidak menghilangkan hak-haknya untuk dilantik sebagai bupati.

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…