Foto Ilustrasi Foto Ilustrasi
Rabu, 20 April 2016 10:15 WIB Lili Sunardi/JIBI/Bisnis Indonesia Peristiwa Share :

PEMBERANTASAN NARKOBA
BNN Bakar 7 Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Aceh

Pemberantasan narkoba terus dilakukan BNN di seluruh Tanah Air.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Narkotika Nasional atau BNN bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri membakar ladang ganja siap panen di Nanggroe Aceh Darussalam.

Berdasarkan keterangan resmi BNN, pemusnahan ladang ganja di Nanggroe Aceh Darussalam dilakukan setelah proses penyelidikan selama dua pekan. Ladang itu sendiri pertama kali ditemukan oleh satelit yang dioperasikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

“Ladang ganja dengan total luas 7 hektare itu pertama kali ditemukan melalui satelit Lapan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan selama dua pekan oleh petugas gabungan,” isi keterangan resmi itu seperti dikutip dari laman resmi BNN, Rabu (20/4/2016).

Dua ladang ganja dengan luas masing-masing 5 hektare dan 2 hektare tersebut berada di kawasan Gunung Seulawah Agam, Aceh Besar. Petugas gabungan pun harus melakukan pendakian selama empat hingga delapan jam untuk sampai ke lokasi tersebut.

Sebelum dibakar, pohon ganja tersebut dicabut hingga akarnya, agar tidak kembali tumbuh dan api pembakarannya tidak meluas ke wilayah sekitarnya.

Penemuan ladang ganja tersebut merupakan yang kedua kalinya di Aceh, karena masih ada beberapa masyarakat yang sengaja menanam tumbuhan tersebut dengan alasan tertentu.

Seperti diketahui, Undang-Undang No. 35/2009 tentang Narkotika melarang kegiatan menanam pohon ganja, karena tumbuhan tersebut mengandung tetra hydro cannabinol (THC). Undang-Undang tersebut bahkan telah mengatur sanksi hukum bagi pihak yang terbukti melanggarnya.

 

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Dalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…