Otomotif
Rabu, 20 April 2016 - 13:30 WIB

MOBIL APPLE: Apple Car Disinyalir Mirip BWM I3

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BMW I3. (Autocar.co.uk)

Mobil Apple disebut-sebut dibangun dari basis BMW I3.

Solopos.com, KALIFORNIA – Kabar terbaru datang dari proyek mobil Apple alias Apple Car. Mobil listrik besutan perusahaan warisan Steve Jobs itu diduga kuat akan memiliki cita rasa hatcback BMW I3.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoevolution, Senin (17/4/2016), dugaan Apple Car akan memiliki kemiripan dengan mobil BMW I3 didasarkan pada fakta CEO Apple, Tim Cook yang kerap bolak balik markas BMW di Jerman beberapa waktu terakhir.

Dijelaskan Cook sempat mengunjungi fasilitas produksi di Kota Leipzig dan melihat langsung proses produksi model I3 yang memanfaatkan bahan carbon fiber reinforced polymer (CFRP). Diduga bahan itu pula yang akan digunakan pada bodi Apple Car.

Selain bodi, sektor mesinnya disinyalir tidak akan berbeda jauh. BMW I3 memiliki mesin listrik bertenaga 170 hp dengan transmisi matik berpenggerak roda depan. Akselerasi 100 km/jam dapat diselesaikan dalam 6,5 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya diklaim tembus 148 km/jam.

Advertisement

Sementara itu menurut pengakuan orang dalam BMW, sebagaimana dikutip dari laman Frankfurter Allegmeine Zeitung (FAZ), proyek Apple Car sejauh ini sudah melibatkan 20 orang dengan latar belakang ahli software, hardware, mesin, dan pemasaran.

Dua nama besar yang dipastikan terlibat dalam proyek yang disebut-sebut sebagai Project Titan itu adalah mantan teknisi Ford, Steve Zadesky dan Johan Jungwirth yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Mercedes Benz.

Selain ditenagai mesin listrik, mobil Apple Car juga akan dibekali fitur menyetir otomatis (autopilot) seperti Google Car. Kendaraan canggih yang akan dirilis tahun 2019 itu diprediksi memiliki banderol US$55.000 atau sekitar Rp723,6 juta.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif