Jogja
Rabu, 20 April 2016 - 10:40 WIB

KEGIATAN BUDAYA : Kadipaten Pakualaman Rayakan Ulang Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tari Bedhaya Angronakung karya KGPAA Paku Alam II dipersembahkan dalam rangkaian upacara Jumeneng Dalem KGPAA. Paku Alam X di Bangsal Sewatama, Kopleks Pura Pakualaman , Yogyakarta, Kamis (07/01/2016). (Desi SUryanto/JIBI/Harian Jogja)

Warga DIY pun diharapkan bisa berpartisipasi untuk memeriahkan acara.

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Sejumlah acara dan pertandingan digelar untuk memperingati Hadeging Praja Dalem (ulang tahun) Kadipaten Pakualaman ke 204. Warga DIY pun diharapkan bisa berpartisipasi untuk memeriahkan acara.

Dalam jumpa pers di Pura Pakualaman Selasa (19/4/2016), Ketua Panitia HUT Penghageng Kawedanan Budaya dan Pariwisata KPH Indrokusumo mengatakan peringatan itu akan jatuh pada 22 Juni 2016 mendatang. Sejumlah perlombaan budaya pun sudah disiapkan untuk merayakannya.

“Ada lomba macapat, lomba beksan, lomba jemparingan, lomba melukis dan pacuan kuda,” kata dia.

Advertisement

Indro mengatakan perlombaan ini digelar untuk melestarikan budaya asli jawa kepada generasi muda. Rencananya gelaran lomba akan dilakukan selama sebulan penuh mulai 29 April hingga 29 Mei mendatang.

Untuk menambah semangat, pihak Puro menyediakan hadiah berupa piagam dan uang tunai yang akan diseahkan langsung oleh KGPAA Paku Alam X. Hadiah itu akan dilakukan di Bangsal Sewatama saat puncak resepsi Hadeging Praja Dalem ke 204.

Humas Hadeging Praja Dalem, Dony Surya Megananda mengatakan saat ini pihaknya sudah membuka pendaftaran. Peserta yang berminat bisa mengambil formulir di perpustakaan Pakualaman atau melalui laman Facebook Kadipaten Pakualaman.

Advertisement

“Pendaftaran ditutup 25 April 2016. Kami mengajak semua masyarakat untuk bisa berpatrisipasi di acara ini,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif