Kebakaran pabrik mebel Jokowi di Kalijambe (Oriza V/JIBI/SoloposTV) Kebakaran pabrik mebel Jokowi di Kalijambe (Oriza V/JIBI/SoloposTV)
Rabu, 20 April 2016 09:50 WIB Semarang Share :

KEBAKARAN PABRIK JOKOWI
Sekda Jateng Tinjau Kalijambe Sragen

Kebakaran Sragen menimpa pabrik mebel milik Presiden Jokowi.

Solopos.com, SOLO – Musibah kebakaran yang terjadi di pabrik mebel milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kalijambe, Sragen, Selasa (19/4/2016) sore, mengundang perhatian beberapa pejabat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jateng. Salah satunya adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Sri Puryono, yang langsung meninjau lokasi kebakaran pada Selasa malam.

Salah satu staf Humas Pemprov Jateng, Marni, kepada Semarangpos.com, mengaku Sri Puryono hadir di Solo untuk membuka rapat koordinasi dan sinkronisasi Program Pembinaan Kelautan dan Perikanan di Hotel Lorin Solo, Karanganyar.

“Saat acara itu, Pak Sri mendengar kabar tentang kebakaran yang menimpa salah satu pabrik mebel Presiden Jokowi. Maka dari itu, Pak Sri pun ingin meninjau lokasi kebakaran itu, sebelum kembali ke Semarang,” ujar Marni.

Marni mengaku saat tiba di lokasi sekitar pukul 21.22, proses pemadaman masih berlangsung. Ada belasan mobil pemadam kebakaran se Eks karesidenan Soloraya yang dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

Dalam kesempatan itu, Sekda pun menghimbau agar sistem early warning atau peringatan awal akan terjadinya kebakaran harus dimiliki pabrik-pabrik maupun pelaku industry untuk menanggulangi bencana seperti itu.

“Prinsipnya, kalau sudah terjadi seperti ini harusnya ada perangkap pemadam kebakaran yang memadai. Jangankan pabrik-pabrik atau industri, pasar-pasar pun seharusnya punya,” tutur Sekda.

Kebakaran yang melanda pabrik mebel Jokowi itu terjadi sekitar pukul 16.30. Dari pantuan wartawan Solopos TV, grup Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Oriza Viloza, di lokasi kejadian, dari lima unit gedung pengolahan kayu menjadi mebel, api melalap dua unit gedung di antaranya

Sebagian besar upaya pemadakam kebakaran terkonsentrasi di lorong gudang dua unit gedung yang terbakar. Isi gudang berupa tumpukan kayu mentah musnah tak berbekas.

Pabrik pengolahan kayu tersebut berada di ruas jalan Solo-Purwodadi KM 14 tepatnya di kawasan Zona Industri Kalijambe Sragen.

Camat Kalijambe, Sragen, Thoyib ketika dihubungi Solopos.com, Selasa petang, mengatakan diduga penyebab kebakaran dari oven pengering kayu. “Diduga dari oven terus menjalar ke dua gedung. Warga mengenal itu pabrik mebel Pak Jokowi,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…