Jogja
Rabu, 20 April 2016 - 20:55 WIB

INVESTASI KULONPROGO : Satu Investasi Bisa Memicu 25 Usaha

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Percontohan Sentolo sepi, Rabu (1/1/2014). (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Investasi Kulonprogo bisa memicu 25 usaha

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemkab Kulonprogo melakukan sosialisasi di tingkat kecamatan dan desa guna memberikan pemahaman pada warga akan efek berlapis yang dibawa dalam investasi yang masuk ke wilayah ini.

Advertisement

Kepala Badan Penanaman Modal Perizinan Terpadu (BPMPT) Kulonprogo, Agung Kurniawan memaparkan bahwa dalam satu investasi yang masuk diperkirakan akan ada hingga 25 kegiatan usaha yang tumbuh mengikutinya.

“Selain itu, keberadaan industri juga berarti memicu pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut, penyerapan tenaga kerja, alih fungsi teknologi, dan percepatan pertumbuhan desa,” kata dia, Selasa (19/4/2016)

Untuk tahun 2016 ini, sudah ada sekitar 30 investor yang datang ke Kulonprogo untuk melakukan penjajakan. Namun dari jumlah tersebut hanya 10 investor yang kemudian mengajukan perizinan.

Advertisement

Hamam Cahyadi, Ketua Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kulonprogo menyatakan bahwa sudah menjadi tugas pemkab untuk memberikan pencerahan pada masyarakat melalui kepala desa. Pasalnya, jika terus terhambat dikhawatirkan investor akan beralih menanamkan modalnya ke daerah sekitar salah satunya Purworejo.

“Kita hanya akan kebagian bandaranya saja tapi perkembangan industrinya luput,” ujarnya.

Ia menyatakan jika bisa diberikan alternatif penggunaan tanah kas desa sebagai lahan industri. Selain itu, apabila masyarakat enggan kehilangan kepemilikan atas tanahnya maka mungkin bisa diaplikasikan sistem sewa lahan di antara kedua pihak.

Advertisement

Lebih lanjut, alternatif kepemilikan saham juga mungkin bisa diaplikasikan. Nantinya tanah milik masyarakat tersebut akan beralih bentuk menjadi kepemilikan saham yang juga bisa memberikan kontribusi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif