Rabu, 20 April 2016 23:55 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

AGENDA SENI JOGJA
Siswa SD Akan Berpantomim di Taman Budaya

Agenda Seni Jogja akan menampilkan pantomim anak SD di Taman Budaya
Solopos.com, JOGJA-Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) akan tampil berpantomim dalam Festival Pantomim 2016 di Concert Hall Taman Budaya Jogja, pada Jumat-Sabtu (22-23/4/2016) mendatang.

Ketua Panitia Wasdiyana pada Selasa (19/4/2016) mengungkapkan, sedianya ada lima penampil yang akan unjuk kebolehan mempraktikkan seni pantomim di hadapan penonton, salah satunya kelompok dari SD Muhammadiyah Sapen, sebanyak 75 siswa SD putra-putri kelas II – V akan membawakan cerita Radio Mbah Darmo.

Festival yang digelar mulai pukul 19.30 WIB ini juga akan menampilkan Sanggar Sapu Lidi (Wonosobo) dengan lakon berjudul: Hijau Bumiku Hijau Negeriku. Selain itu Mime Community juga akan turut meramaikan acara, dengan membawa lakon yang berjudul: Dirigent, sedangkan Malmime-Ja & Mila Art Dance akan menampilkan garapan lakon Perempuan di Titik Nol (KM).

“Sebagai penutup akan tampil Deaf Art Community, yang membawakan karya Mencari Jatayu. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis,” tuturnya dalam rilis diterima Harian Jogja.

Kepala Taman Budaya Jogja Diah Tutuko Suryandaru menyebutkan, Festival Pantomim ini merupakan program yang digagas untuk menumbuhkembangkan seni pantomim di Jogja. Karena, pantomim sebagai seni yang menggunakan gerak tubuh sebagai media ekspresi, selama ini terbilang kurang diminati oleh generasi muda.

“Pergelaran Pantomim 2016 ini menjadi media pembinaan yang efektif bagi generasi muda. Harapannya agar generasi muda mengenal dan tertarik untuk mengembangkan seni pantomim di Jogja,” ungkap Diah.

Taman Budaya Jogja, imbuh dia, merupakan UPTD Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang memiliki tugas sekaligus tanggung jawab untuk mengembangkan seni pertunjukan di Jogja. Seni pantomim menjadi satu seni yang akan terus dikembangkan sehingga semakin mengukuhkan Jogja sebagai kota budaya.

Menurutnya, dengan tumbuh dan berkembangnya seni pantomim di Jogja, niscaya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan seni di Jogja.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…