Bangsal Kepatihan (kratonwedding.com) Bangsal Kepatihan (kratonwedding.com)
Selasa, 19 April 2016 15:20 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

TANAH KRATON
Ada Lahan Sultan Grond Digunakan Tak Sesuai Peruntukan

Tanah kraton Jogja ada yang digunakan tidak sesuai peruntukan

Solopos.com, SLEMAN- Keberadaan Sultan Grond (SG) difungsikan menjadi tiga kepentingan yang semuanya bermuara untuk kesejahteraan masyarakat. Selain dimanfaatkan untuk pengembangan budaya, keberadaan SG juga digunakan untuk aktvitas sosial dan kesejahteraan masyarakat.

“Paling banyak diperuntukan dalam pembangunan kampus. Seperti milik UGM dan sebagian tanah yang menjadi lahan berdirinya Universitas Negeri Islam (UIN) Sunan Kalijaga. Ada juga  untuk fasiltas perkantoran,” kata Kepala Kantor Pengendalian Pertanahan Daerah (KPPD) Krido Suprayitno, Senin (18/4/2016).

Meski begitu, kata Krido, masih ada sejumlah SG yang belum dikelola dengan baik atau tidak sesuai dengan rencana detail tata ruang kota (RDTRK). Dia menyontohkan, dalam RTDRK SG seharusnya difungsikan sebagai lahan pengembangan budaya, namun faktanya di lapangan tidak sesuai dengan RTDRK.

“Bila SG belum dikelola dengan baik, maka daerah akan mengembalikan fungsi ulang SG,” ujarnya.

Krido menyontohkan, di Srowulan, Purwobinangun, KPPD mencatat keberadaan SG seluas 1 hektare. Lahan tersebut dimanfaatkan sebagai pengembangan kawasan Agrobudaya Srowulan dengan keberadaan Pasar Srowulan.

Dia menilai keberadaan tanah di Srowulan memiliki nilai sejarah. Untuk mendorong pengembangan budaya kawasan SG, maka diperlukan kawasan pendukung. “Di sini disiapkan wilayah pendukung seluas 1,5 hektare bagi keberadaan SG di Srowulan,” jelasnya.

Sementara Pengelola Desa Wisata Srowulan Sulaiman,71, menjelaskan, keberadaan Pasar Srowulan dimasa perjuangan menjadi pusat kegiatan ekonomi, budaya sekaligus pusat koordinasi antara pemerintahan Kraton dan Belanda.

Selain itu, pasar Srowulan juga cikal bakal berdirinya Kecamatan Pakem yang akhirnya dipindah ke Jalan Kaliurang. “Kawasan ini memiliki nilai sejarah tinggi. Keberadaan Pasar Srowulan tepat sebagai pengembangan budaya,” jelasnya.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…