VW Beetle Dune. (Caranddriver.com)
Selasa, 19 April 2016 10:45 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com/Newswire Roda 2 Share :

SEPEDA MOTOR YAMAHA
Wow, Ada Yamaha R25 “KW Super” di Tiongkok!

Sepeda motor Yamaha R25 jiplakan muncul di Canton Fair 2016.

Solopos.com, GUANGDONG – Tiongkok memang surganya barang imitasi dengan kemiripan nyaris sempurna alias KW Super. Produk korban imitasi kali ini adalah sepeda motor sport racikan Indonesia, yakni Yamaha R25.

Sepeda motor Yamaha R25 KW Super itu mengusung nama Xgjao XGJ350. Sosoknya tampak menghiasi salah satu stan dalam pameran produk ekspor-impor Canton Fair 2016 yang digelar di Guangdong, Tiongkok.

Pada foto yang diunggah pengamat otomotif Taufik Hidayat di laman Tmcblog, Senin (18/4/2016), kemiripan XGJ350 dengan R25 terdapat nyaris pada semua bagian, mulai lampu depan, fairing, tangki, jok, buritan, hingga pelek dan perangkat pengeremannya.

Xgjao XGJ350. (Tmcblog.com)

Xgjao XGJ350. (Tmcblog.com)

Sedikit perbedaan terdapat pada bentuk blok mesin. Melihat tulisan XGJ350 pada bodinya, disinyalir motor itu menggendong mesin 350 cc, lebih besar dari milik Yamaha R25. Kendati demikian tidak diketahui jumlah silinder maupun besaran tenaganya.

Perbedaan lain tampak pada bentuk knalpot. Jika R25 hanya dibekali satu buah knalpot dan terletak di sebelah kakan, versi imitasinya memiliki knalpot kekar di sebelah kanan dan kiri. Menariknya lagi, masing-masing knalpot memiliki dua lubang end muffler.

Kendati demikian tidak diketahui harga sepeda motor Yamaha R25 KW Super itu. Menilik tulis New Concept pada fairing-nya, kemungkinan besar motor itu masih berupa konsep dan belum diproduksi massal.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Xgjao adalah anak perusahaan Chongqing Sokon Industry Group, yakni pabrikan otomotif asli Tiongkok yang juga berinvestasi di Indonesia dengan mendirikan pabrik produksi mobil di Karawang, Jawa Barat.

Selain XGJ350, Xjao di negara asalnya juga menjual sepeda motor lain dengan kapasitas mesin lebih kecil. Bentuknya beragam mulai sport fairing, bebek, hingga naked sport. Beberapa di antaranya tampak mirip dengan produk Kawasaki dan KTM.

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…