Aktivitas proyek reklamasi di teluk Jakarta, Kamis (14/4/2016). Dalam rapat kerja yang berlangsung Rabu (13/4/2016), Komisi IV DPR dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sepakat agar proyek reklamasi Teluk Jakarta dihentikan. (JIBI/Solopos/Antara/Agus Suparto)6.
Selasa, 19 April 2016 21:00 WIB Lavinda/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

Penghentian Reklamasi Jakarta Cuma Sementara

Penghentian reklamasi Jakarta yang disepakati pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta hanya sementara.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah pusat memastikan penghentian sementara proyek reklamasi Teluk Jakarta tak akan berlangsung lama. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memperkirakan perbaikan regulasi dan kelengkapan persyaratan proyek reklamasi tak akan menghabiskan waktu lama.

Salah satu syarat proyek itu adalah terkait kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang bisa rampung hanya dalam beberapa pekan atau bulan. “Kalau perbaikan harusnya sih enggak lama ya, kalau KLHS [kajian lingkungan hidup strategis] saya kira hitungan beberapa pekan atau sekian bulan,” ujarnya seusai melaporkan perkembangan reklamasi kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantornya, Selasa (19/4/2016).

Terkait syarat kelengkapan zonasi, dia memperkirakan Kementerian Koordinator Kemaritiman akan menyelesaikan rancangan tata ruang laut nasional dalam waktu relatif singkat. “Secepatnya kami lakukan, tapi jangan tanya saya berapa hari berapa pekan, tapi kami selesaikan secepatnya,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menghentikan sementara proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Keputusan itu diambil dalam rapat antara Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Seusai rapat yang digelar di kantornya itu, Rizal mengatakan bahwa proyek reklamasi akan dihentikan sampai terpenuhinya semua persyaratan dan perizinan sesuai yang diatur perundang-undangan. “Kami meminta untuk sementara kita hentikan sementara, moratorium, pembangunan reklamasi di Teluk Jakarta sampai semua persyaratan perundang-undangan dipenuhi,” kata Rizal.

LOWONGAN PEKERJAAN
Shunda Plafon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Meme, Tiang Listrik, dan Humor Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (21/11/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, esais yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com. Solopos.com, SOLO–Setelah foto dirinya terbaring sakit dengan berbagai peralatan medis menempel di tubuhnya beberapa waktu lalu…