UCAPKAN SUMPAH - Para Pengawas sekolah, kepala SD negeri/swasta dan kepala TK di lingkungan Dis Dikpora Solo mengucapkan sumpah saat dilantik oleh Sekda kota Solo Boedi Soeharto di Balai Tawangarum, Balaikota Solo, beberapa waktu lalu. (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu) UCAPKAN SUMPAH - Para Pengawas sekolah, kepala SD negeri/swasta dan kepala TK di lingkungan Dis Dikpora Solo mengucapkan sumpah saat dilantik oleh Sekda kota Solo Boedi Soeharto di Balai Tawangarum, Balaikota Solo, beberapa waktu lalu. (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
Selasa, 19 April 2016 16:15 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

PENDIDIKAN SOLO
Ini Alasan Kota Solo Kekurangan Pengawas Rumpun Mapel Bahasa dan IPA

Pendidikan Solo, SDM untuk pengawas rumpun mapel Bahasa dan IPA sangat kurang.

Solopos.com, SOLO–Kota Solo saat ini masih kekurangan pengawas sekolah, khususnya untuk rumpun Mata Pelajaran Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Untuk itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo mengadakan seleksi untuk mempersiapkan pengisian jabatan pengawas sekolah tersebut.

Terkait pelaksanaan seleksi pengawas sekolah tersebut, Disdikpora Solo telah mengumumkan dengan melayangkan surat edaran (SE) ke sekolah-sekolah, mulai awal April ini.

“Harapannya kekosongan pengawas bisa terisi sehingga pembinaan dan supervisi kepada kepala sekolah dan guru lebih optimal,” ungkap Kepala Disdikpora Solo, Etty Retnowati kepada wartawan, Selasa (19/4/2016).

Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdikpora Solo, Sulardi, menambahkan seleksi pengawas sekolah ini dilaksanakan untuk mempersiapkan pemenuhan kebutuhan akan pengawas dalam kurun waktu tiga tahun mendatang.

Dia menjelaskan saat ini pengawas sekolah yang sudah terpenuhi baru untuk pengawas dari rumpun Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sedangkan pengawas untuk rumpun Mapel Bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta rumpun Mapel IPA, yaitu Matematika dan IPA, masih dibutuhkan. Selain itu, Solo juga membutuhkan pengawas sekolah untuk Bimbingan Konseling (BK).

“Saat ini pengawas mata pelajaran belum lengkap. Banyak pengawas dari rumpun IPS, sedangkan dari Bahasa dan IPA masih kurang,” tegasnya.

Menurut ketentuan, Sulardi menjelaskan idealnya untuk jumlah pengawas di setiap rumpun mapel itu antara tiga sampai empat pengawas. Saat ini jumlah pengawas untuk rumpun IPS ada empat pengawas, Bahasa ada satu pengawas dan MIPA ada dua pengawas, dan BK sudah cukup namun ada yang menjelang pensiun.

Beberapa persyaratan untuk mengikuti seleksi calon pengawas, yaitu calon pengawas rumpun mapel yaitu guru pegawai negeri sipil (PNS) atau kepala sekolah PNS sesuai rumpun mapel yang dibutuhkan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan BK. Lalu guru atau kepala sekolah mempunyai kualifikasi akademik paling rendah sarjana (S-1) atau diploma 4 (D4) bidang pendidikan. Berusia setinggi-tingginya 55 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki sertifikat pendidik, pengalaman mengajar minimal 8 tahun, memiliki golongan serendah-rendahnya III/C serta memiliki prestasi kerja, keterampilan, keahlian dan kompetensi bidang kepengawasan.

“Berkas lamaran paling lambat diserahkan ke Disdikpora 20 April,” kata Sulardi.

Berkas yang harus diserahkan pendaftar antara lain meliputi surat lamaran, surat keterangan sehat, surat keterangan aktif mengajar, salinan atau foto kopi surat keputusan (SK) kenaikan pangkat, salinan ijazah terakhir, salinan sertifikat pendidik, untuk guru surat pernyataan dari kepala sekolah, sedangkan untuk kepala sekolah surat pernyataan dari pengawas yang menyatakan yang bersangkutan tidak tercela dan belum berurusan dengan pihak yang berwajib.

Kemudian untuk calon pengawas yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan mengikuti seleksi tingkat Kota Solo yang dilakukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, yang dijadwalkan 28-29 April ini. Seleksi direncanakan di SMK Negeri (SMKN) 7 Solo.

CAD Operator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…