3D Touch Android (9to5google) 3D Touch Android (9to5google)
Selasa, 19 April 2016 07:00 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com Android Share :

OS TERBARU
Ada 3D Touch di Android N

OS terbaru Android N akan dibekali fitur 3D Touch.

Solopos.com, SOLO — Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, menyematkan fitur 3D Touch di operating system (OS) Android N. 3D Touch populer sejak Apple menyematkannyadi Iphone 6S tahun lalu.

Seperti dikutip dari 9to5google, Senin (18/4/2016), Google memang belum memberi nama fitur mirip 3D Touch di OS terbaru Android N. Tapi menurut kabar yang beredar, kemampuannya tidak akan jauh berbeda dari 3D Touch.

Google menyatakan saat ini banyak vendor ponsel Android menyematkan fitur mirip 3D Touch. Tapi fitur 3D Touch di ponsel Android belum terhubung dengan sistem operasi. Saat ini 3D Touch bikinan Google sudah bisa digunakan di Android N developer preview kedua.

Google memang belum mengumumkan nama dan nomor seri OS terbaru Android N. Tapi Android N kemungkinan memiliki nomor versi 7.0. Hal itu karena Android Marshmallow menggunakan nomor versi 6.0.

Dalam mencari nama yang pas untuk seri N-nya, Google membuat semacam polling Internet yang intinya untuk menemukan nama makanan berhuruf depan N yang sering dan menjadi favorit masyarakat luas.

Pada polling Internet yang dibuat Google, netizen atau pengakses Internet akan diberi dua pertanyaan. Pertanyaan pertama bertanya tentang makanan enak diawali huruf N. Pertanyaan kedua, netizen akan diberi tujuh pilihan makanan yang diawali dengan huruf N dan netizen harus memilih satu makanan yang menjadi makanan favorit mereka.

Pada dua pertanyaan ini, Google tidak memberikan pilihan Nutella, bahkan bisa dibilang pilihan makanan yang diberikan cukup tidak familiar didengar sebagian orang.

Ada rumor yang mengatakan huruf N pada OS terbaru Android N adalah Nori. Makanan Nori berasal dari Jepang yang merupakan snack rumput laut. Walau faktanya banyak orang yang mengira nantinya Android versi baru ini akan memakai nama selai terkenal Nutella.

“Pilihan makanan Nori ini lebih banyak dipilih daripada Nutella. Jadi, dalam polling online memang tidak menyertakan Nutella. Intinya, selain Nori itu sehat, makanan ini juga favorit banyak orang,” ujar Manager PR Google, Hiroshi Lockheime, di Twitter-nya dan sekaligus memberikan link Wikipedia tentang makanan Nori ini.

Selebihnya secara resmi Google belum berpendapat apakah Nori itu benar akan dipakai untuk OS terbaru Android N atau tidak. Namun, sebagian orang berpendapat Android 7.0 Seaweed terdengar aneh dibandingkan versi-versi sebelumnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…