Jogja
Selasa, 19 April 2016 - 19:20 WIB

Omzet Pedagang di Sleman Terus Menurun, Terutama Pemilik Toko Dekat Minimarket

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Omzet pedagang di Sleman terus menurun diduga karena menjamurnya toko modern

Harianjogja.com, SLEMAN- Menjamurnya toko modern semakin memperpuruk pedagang pasar tradisional. Meski begitu, pemerintah belum bermaksud merevisi Peraturan Daerah (Perda) No.1/2012 tentang izin pusat perbelanjaan dan toko modern.

Advertisement

Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM, Puthut Indroyono menjelaskan, omzet pedagang pasar tradisional di Sleman menurun hingga 22,9% sejak menjamurnya toko-toko modern.

Pedagang yang paling dirugikan adalah mereka yang lokasi usahanya berdekatan dengan toko berjejaring tersebut dan objek dagangannya sama-sama dipasok dari satu pabrik.

Advertisement

Pedagang yang paling dirugikan adalah mereka yang lokasi usahanya berdekatan dengan toko berjejaring tersebut dan objek dagangannya sama-sama dipasok dari satu pabrik.

“Berbeda dengan pedagang yang menjual barang mentah atau produk pertanian, seperi sayuran. Dampaknya tidak separah kelompok pedagang yang mengandalkan pasokan produk pabrikan,” kata Puthut kepada wartawan, Senin (18/4/2016).

Keterpurukan pelaku usaha toko klontong terjadi lantaran adanya kesamaan produk yang dijual toko modern ke konsumen. Kondisi tersebut, diperparah karena semakin suburnya keberadaan toko-toko modern.

Advertisement

Dari aspek modal material, pedagang tradisional memiliki keterbatasan permodalan mulai dari finansial hingga teknologi. Sementara aspek modal intelektual, pedagang pasar tradisional memiliki keterbatasan dalam menjalankan bisnisnya. Adapun aspek modal sosial (institusional) juga tidak dimiliki pengusaha toko klontong.

“Banyak pelaku usaha yang tidak memiliki kemampuan dalam berorganisasi dan menjalin kerjasama untuk meningkatkan bisnis secara kolektif,” terang Puthut.

Sebagai solusinya, dia menawarkan agar pemerintah melakukan pembinaan manajeman kepada pedagang dan penguatan kelembagaan pedagang. Menurutnya, banyak koperasi (pedagang) tidak mencerminkan kerja sama sehingga diperlukan upaya untuk memajukan peranannya dalam pengelolaan pasar.

Advertisement

“Pasar tradisional merupakan aset publik yang harus dipertahankan,” katanya.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Godean, Wawan mengakui, omzet pedagang merosot drastis dalam lima tahun terakhir ini akibat menjamurnya toko modern. Menurutnya, ada kecenderungan pembeli beralih ke toko modern. Terutama saat membeli produk yang sama-sama dijual.

“Saat momen tertentu, seperti lebaran dan tahun ajaran baru, pendapatan kami terus menurun,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif