Otomotif
Selasa, 19 April 2016 - 12:30 WIB

MOBIL TERBARU: Honda Klaim Civic Turbo Bisa Pakai Premium

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda Civic Turbo di pameran IIMS 2016. (Okezone.com)

Mobil Honda Civic Turbo masih boleh mengonsumsi BBM oktan rendah.

Solopos.com, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) telah merilis mobil terbaru All New Civic Turbo. Meski dibekali mesin turbo, rupanya sedan medium size itu masih boleh meminum bahan bakar minyak (BBM) beroktan rendah.

Advertisement

Jika mesin turbo pada mobil merek lainnya diwajibkan menggunakan BBM minimum oktan 95 atau setara Pertamax Plus, HPM justru mengklaim mobil Honda Civic terbaru itu masih bisa menggunakan bensin oktan rendah sekelas Premium subsidi.

”Civic Turbo tetap bisa menggunakan BBM Jenis Premium oktan 88 karena pada saat pengembangannya kami sudah meneliti sampai ke negara yang menjual BBM paling buruk,” ungkap Yuji Matsumochi, Chief Engineer Global Development R&D Honda Company seperti dilansir laman Otodriver, Minggu (17/4/2016).

Yuji menambahkan penggunaan Premium memang akan menurunkan performa dan tingkat responsivitas mesin Honda Civic Turbo. Tetapi penurunan tersebut tidak begitu drastis.

Advertisement

”Bentuk piston yang didesain khusus, dan masih banyak lagi komponen lainnya. Sehingga menggunakan BBM oktan rendah tidak masalah meski rasio kompresinya 10,6. Performa yang didapat juga tidak jauh berbeda,” imbuhnya.

Sementara itu dilaporkan laman Okezone, Civic Turbo sebaiknya meminum Premium pada saat keadaan darurat saja seperti ketika di bawa ke luar kota dan sulit menjumpai SPBU yang menjual BBM beroktan tinggi.

”Tetapi untuk pemakaian sehari-hari di kota besar, sebaiknya diisi lagi dengan BBM oktan yang lebih tinggi agar performanya tetap optimal,” papar Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales HPM.

Advertisement

Sebagai informasi, mobil Honda Civic Turbo dibekali mesin 1.500 cc turbocharged bertenaga 174 hp/5.500 rpm dengan torsi 220 Nm/1.700 rpm. Mobil tersebut dijual seharga Rp475 juta on the road Jakarta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif