Jatim
Selasa, 19 April 2016 - 09:05 WIB

LONGSOR PONOROGO : Pengungsi di Desa Talun Mulai Terserang Penyakit

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan memeriksa tensi salah seorang warga di tempat pengungsian di Balai Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Senin (18/4/2016) sore. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Longsor Ponorogo di Desa Talun membuat sejumlah warga pengungsi.

Madiunpos.com, PONOROGO – Warga Desa Talun, Kecamatan Ngebel yang mengungsi akibat bencana alam tanah longsor mulai terserang penyakit.

Advertisement

Penyakit yang menyerang warga yang mengungsi itu antara lain penyakit pernapasan, batuk pilek, tensi darah tinggi, hingga nyeri di bagian tubuh.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, ada sebanyak 105 jiwa dari 39 keluarga yang terdampak bencana tanah longsor dan tanah gerak di wilayah itu sejak Minggu (17/4/2016).

Advertisement

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, ada sebanyak 105 jiwa dari 39 keluarga yang terdampak bencana tanah longsor dan tanah gerak di wilayah itu sejak Minggu (17/4/2016).

Dari 105 jiwa itu dibagi menjadi tiga tempat yaitu di Balai Desa Talun, rumah warha di Dukuh Krajan, dan ketua RT 003/RW 001.

Pantaun Madiunpos.com di Balai Desa Talun, Senin (18/4/2016) sore. Sejumlah warga yang mengungsi melakukan tes tensi darah di balai desa untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh.

Advertisement

“Setelah dites tensinya, juga menunjukkan angka yang cukup tinggi. Beberapa bagian tubuh saya nyeri,” kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di Balai Desa Talun.

Petugas kesehatan Desa Talun, Kristina Dwi R., mengatakan ada sejumlah warga yang mengungsi mulai terserang penyakit. Mulai dari penyakit pernapasan, nyeri, batuk, pilek, hingga tensi darah naik.

Kristina menyampaikan sebagian besar warga mengalami tensi darah meninggi dan batuk pilek. Ini karena kondisi cuaca dan bencana alam yang mengakibatkan warga lebih tertekan.

Advertisement

“Warga yang menjadi korban bencana merasa tertekan dan itu menimbulkan tensi darah naik. Sejumlah warga juga mengalami sakit pilek dan batuk, ini karena kondisi cuaca yang cukup dingin,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia menyampaikan untuk warga yang mengeluhkan sakit langsung diberikan obat sesuai keluhan. Dia memastikan stok obat di tiga tempat pengungsian aman, ini karena pihak Puskesmas menyediakan stok untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Selain menyediakan obat, kami juga menyediakan vitamin dan obat antinyeri. Ini supaya kondisi warga yang mengungsi tetap sehat,” imbuh dia.

Advertisement

Kristina menambahkan untuk kebutuhan air bersih di tempat pengungsian telah tersedia. Selain itu, tempat mandi cuci kakus (MCK) juga dalam kondisi baik dan bersih.

Saat ini, pihaknya mendata ada satu warga yang mengungsi dalam kondisi hamil dengan usia kehamilan dua bulan.

“Ada satu yang hamil, tapi kondisinya masih baik dan belum ada keluhan. Namun, kami tetap siaga ketika dibutuhkan pengobatan,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif