Jatim
Selasa, 19 April 2016 - 23:05 WIB

LISTRIK JATIM : 30 Gardu Induk akan Dibangun di Jatim, Ini Lokasinya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan)

Listrik Jatim akan ditambah pasokannya dengan mendirikan gardu induk sebanyak 30 unit.

Madiunpos.com, SURABAYA – Sebanyak 30 gardu induk listrik bakal dibangun di berbagai lokasi di Jawa Timur (Jatim) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan membidik beberapa kawasan industri baru di wilayah tersebut.

Advertisement

Manager Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jatim Wisnu Yulianto mengatakan keberadaan kawasan industri membutuhkan aliran listrik sehingga perlu disiapkan infrastruktur listriknya, salah satunya dengan gardu induk.

“Kawasan industri di Jawa Timur terus berkembang. Tercatat ada sekitar 10 kawasan industri baru yang bakal beroperasi di wilayah setempat dalam beberapa tahun ke depan,” kata Wisnu di Surabaya, Jumat (19/4/2016).

Wisnu mengakui PT PLN Distribusi Jatim berusaha meraih peluang tersebut, karena berpotensi membutuhkan listrik besar. “Agar bisa memasok aliran listrik ke kawasan industri baru, PLN telah menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya membangun 30 gardu induk di beberapa titik wilayah Jatim,” ungkap dia.

Advertisement

Ia menuturkan sebanyak 30 gardu induk itu akan dibangun hingga tahun 2029. Sedikitnya 9 di antaranya akan dibangun dengan mendekati kawasan industri, seperti di Gresik, Banyuwangi dan beberapa daerah lainnya.

Lebih lanjut, Wisnu menyatakan sebelum membangun gardu induk, PLN saat ini sedang membangun empat pembangkit listrik baru yang dijadwalkan mulai beroperasi pada 2018 nanti.

Empat pembangkit itu, kata Wisnu berada di Grati Pasuruan dengan kapasitas 450 MW, lalu di Tanjung Awar-awar Tuban kapasitas 350 MW, ditambah dua pembangunan pembangkit baru lainnya di Perak sebesar 500 MW dan Gresik kapasitas 800 MW, sehingga totalnya akan ada tambahan daya sebesar 2.100 MW.

Advertisement

“Setelah empat pembangkit tersebut beroperasi, distribusi listrik mulai bisa dilakukan melalui gardu induk, karena menyalurkannya butuh terminal listrik skala kecil,” kata dia.

Wisnu menambahkan beberapa kawasan industri yang kini dibidik PLN Distribusi Jatim adalah JIIPE di Gresik yang akan dipasang gardu induk berkapasitas 150 MW. Kemudian kawasan industri Banyuwangi yang dipasang gardu induk dengan kapasitas 100 MW pada tahun 2017 mendatang.

“Berikutnya, dipasang di kawasan Industri Tuban sebesar 60 MW, serta penambahan kapasitas gardu induk di kawasan industri di Ngoro Jombang, dan di PIER Pasuruan,” beber Wisnu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif