Lahan bekas Terminal Kartasura. (JIBI/Solopos/Dok) Lahan bekas Terminal Kartasura. (JIBI/Solopos/Dok)
Selasa, 19 April 2016 18:15 WIB Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

INVESTASI SUKOHARJO
Lahan Eks Terminal Kartasura Dilirik Jadi RS

Investasi Sukoharjo, muncul wacana lahan eks terminal Sukoharjo dilirik jadi rumah sakit.

Solopos.com, SUKOHARJO–Pemerintah Kabupaten Sukoharjo masih mencari sulosi pemanfaatan lahan eks Terminal Kartasura, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo. Berbagai wacana dan calon investor muncul mulai dari pembangunan pusat bisnis hingga rumah sakit. Namun hingga April 2016 Pemkab Sukoharjo belum memutuskan pemanfaatan lahan tersebut. Terakhir, lahan itu dilirik calon investor untuk rumah sakit.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sukoharjo, Widodo ditemui di Gedung DPRD Sukoharjo, Selasa (19/4/2016). Widodo menegaskan tim masih mengkaji usulan calon investor rumah sakit. “Kajian tim diperlukan agar tidak menyalahi regulasi. Kajian akan disesuaikan dengan RDTRK (rencana detail tata ruang kota). Apakah keberadaan rumah sakit itu bisa atau tidak,” ujarnya.

Diakuinya, calon investor telah bertemu dengan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, pada Januari lalu tetapi hingga sekarang (April) belum ada progres. Widodo juga mengaku belum mengetahui investasi yang akan ditanamkan untuk pembangunan rumah sakit.

“Pemkab [Sukoharjo] sudah membalas surat pengajuan dari calon investor namun sampai sekarang belum ada jawaban dari pihak calon investor. Pemkab masih membuka luas bagi calon investor dalam menggunakan lahan eks Terminal Kartasura,” papar dia.

Widodo menjelaskan pernah muncul wacana pembangunan pusat bisnis yang dikelola Chairul Tanjung tetapi belum cocok. Sesuai tata ruang, ujarnya, wilayah Kartasura masuk wilayah perekonomian. “Saat Pak Chairul Tanjung melirik lahan eks Terminal Kartasura akan dibangun pusat perbelanjaan dipadukan dengan perhotelan,” katanya.

Menurutnya, semakin cepat lahan mangkrak milik Pemkab Sukoharjo termanfaatkan akan mempercepat penambahan pendapatan asli daerah. “Bagian aset terus-menerus memromosikan lahan-lahan milik Pemkab [Sukoharjo] termasuk lahan eks Terminal Kartasura sehingga tidak menjadi mangkrak.”

Sementara itu, di laman BPMPP Sukoharjo disebutkan lahan eks Terminal Kartasura, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Sukoharjo direncanakan untuk pusat jasa perdagangan grosir tekstil dan elektronik. Pusat jasa perdagangan tekstil dan elektronik direncanakan berupa gedung berlantai tiga dengan tanah seluas 16.669,36 meter persegi. Lahan seluas itu terbagi atas lahan basemen seluas 13.000 meter persegi, lantai satu hingga tiga seluas 10.000 meter persegi dan taman dan sarana pendukung seluas 3.669,36 meter persegi.

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…