Museum Radyapustaka Solo (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu) Museum Radyapustaka Solo (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
Selasa, 19 April 2016 07:30 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Solo Share :

DANA HIBAH SOLO
Pemkot Cairkan Dana Hibah Radya Pustaka, Karyawan Terima Gaji

Dana hibah Solo, komite Radya Pustaka langsung membayarkan gaji karyawan yang menunggak sejak Januari.

Solopos.com, SOLO–Komite Museum Radya Pustaka berencana langsung membayarkan gaji pegawai setelah pencairan dana hibah pekan ini. Gaji pegawai museum menunggak sejak Januari lantaran terganjal aturan baru pencairan hibah.

Sekretaris Komite Museum Radya Pustaka, S.T. Wiyono, mengatakan pemberian gaji menjadi prioritas utama Komite menyikapi cairnya dana hibah. Menurut Wiyono, pegawai sudah sangat bersabar dengan tunggakan gaji empat bulan. Ada delapan pegawai yang mengurusi museum tertua di Indonesia tersebut. Tiga di antaranya diperbantukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

“Prioritas kami membayar honor pegawai,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPRD, Senin (18/4/2016).

Pihaknya sudah mendengar hibah senilai Rp300 juta akan cair satu-dua hari ini. Selain membayar honor pegawai, duit hibah akan digunakan untuk pemeliharaan serta perbaikan koleksi yang rusak. Disinggung dana hibah yang dilarang untuk kegiatan seni, Wiyono siap mengikuti instruksi tersebut. Sejak ada problem pencairan dana hibah, kegiatan-kegiatan budaya seperti bedah tari dan sebagainya berhenti total.

“Namun jika ada seniman yang ingin meramaikan museum secara swadaya tetap kami persilakan.”

Ketua Komisi IV, Hartanti, mengatakan ada rasionalisasi pencairan dana hibah mengacu nilai indeks wali kota. Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu menyebut bukan tak mungkin dana yang turun di bawah Rp300 juta.
“Sekarang sebagian prosesnya sudah berada di DPPKA (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset),” jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris DPPKA, Breta Sri Hudiningsih, mengatakan proses pencairan hibah tinggal menunggu berita acara verifikasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Pihaknya optimistis hibah cair pekan ini. “Kalau lancar satu dua hari lagi sudah cair.”

Breta menjelaskan dana hibah diberikan bertahap dengan model termin. Dia menyebut penggunaan dana hibah wajib sesuai proposal. Penggunaan duit hibah meliputi honor pegawai, biaya rutin seperti listrik dan air dan pemeliharaan koleksi.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….