Jatim
Senin, 18 April 2016 - 05:05 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 : 3 Siswa SMA akan Ikuti UNBK Susulan di Kota Madiun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Ujian Nasional 2016 akan menyelenggarakan ujian susulan untuk siswa SMA sederajat.

Madiunpos.com, MADIUN – Tiga siswa di Kota Madiun akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan tingkat SMA dan sederajat, Senin-Rabu (18-20/4/2016).

Advertisement

“Ketiga siswa tersebut berasal dari SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Madiun. Berdasarkan informasi terbaru dari website UNBK, ujian kebetulan akan dilakukan di sekolah masing-masing,” ujar tim IT UNBK Kota Madiun, Nuryanto, Minggu (17/4/2016).

Data Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dikbudpora) Kota Madiun mencatat ketiga siswa terpaksa mengikuti UNBK susulan karena pada saat UNBK serentak yang dilakukan tanggal 4-7 April lalu sedang sakit.

Menurut dia, panitia pusat telah membuatkan sistem khusus untuk ujian susulan. Sehingga, peserta bisa mengikuti ujian hanya dengan satu server dan satu ruangan. “Pengawasannya lebih mudah, sekaligus menghemat tenaga dan daya selama ujian berlangsung,” kata dia.

Advertisement

Meski demikian, pihaknya tetap akan menyediakan satu server cadangan guna berjaga-jaga. Selain itu, pengawas yang berjaga juga menggunakan model silang, serta terdapat petugas proktor dan teknisi ruangan.

“Selama tiga hari sesuai jadwal, peserta akan mengerjakan enam mata pelajaran. Sehari dua mata pelajaran dalam dua sesi,” kata dia.

Sesuai jadwal, UNBK susulan pada Senin sesi pertama berlangsung pukul 07.30-09.30 WIB dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB dengan mata pelajaran Kimia untuk IPA dan Geografi untuk IPS.

Advertisement

Hari Selasa besok, mata pelajaran Matematika pada sesi pertama kemudian Biologi untuk IPA dan Sosiologi untuk IPS pada sesi kedua. Sedangkan Rabu, mata pelajaran Fisika untuk IPA dan Ekonomi untuk IPS pada sesi pertama, serta Bahasa Inggris sesi kedua.

“Semua persiapan telah dilakukan. Bahkan kita telah melakukan sinkronisasi dengan server pusat terkait sistem data yang ada,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif