Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa) Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)
Senin, 18 April 2016 01:40 WIB Sekar Langit Nariswari Kulon Progo Share :

PILKADA 2017
PDIP dan PAN Makin Erat

Komunikasi antara kedua partai ini terus dilakukukan meski belum mencapai hasil akhir.

 

 

Solopos.com, WATES- Jelang pilkada Kulonprogo 2017 mendatang, koalisi antara PDIP dan PAN masih mungkin dilanjutkan. Komunikasi antara kedua partai ini terus dilakukukan meski belum mencapai hasil akhir.

Ketua DPD PAN Kulonprogo, Ponimin menyatakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan penjajakan dan koordinasi dengan PAN untuk kesepakatan koalisi. Meski demikian, sampai saat ini belum ada perjanjian resmi akan pembahasan dan rencana koalisi tersebut. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa pembahasan tersebut juga belum menentukan nama calon yang akan diusung dalam pilkada mendatang.

Meski demikian, menurutnya calon yang akan diusung akan didasarkan pada hasil survei dan elektabilitas dari tiap calon yang mendaftar. Sampai saat ini sendiri, DPD PAN Kulonprogo sendiri sudah mengantongi tiga nama bagi calon bupati dan calon wakil bupati Kulonrpogo. Sejumlah nama ini sudah diajukan kepada DPW AN DIY guna mendaoatkan rekomendasi sebagai bekal maju pilkada. “Siapa calon yang akan diusung masih harus menunggu hasil rekomendasi,”ujarnya pada Minggu(17/4).

Selain itu, PAN juga masih membuka kesempatan bagi sejumlah partai lain yang ingin berkoalisi dalam pilkada mendatang. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, koalisi ini ditentukan oleh visi dan misi yang akan dibawa bersama. Istana, Sekretaris DPC PDIP mengakui jika komunikasi antara kedua partai masih terus berjalan. Hanya saja, sampai saat ini proses yang dilakukan masih sebatas pendapat akan pembangunan Kulonprogo di masa mendatang.

Selain perlu persetujuan pengurus tingkat atas, koalisi juga disesuaikan dengan kandidat yang akan diusung . “Chemistri itu penting untuk menetukan koalisi,”uajrnya. Ia menyebutkan jika koalisi sendiri biasanya diputuskan menjelang akhir rekomendasi. DPP PDIP sendiri akan memanggil sejumlah calon bupati dan wakil bupati yang terdaftar di PDIP. Pemanggilan ini dimaksudkan untuk mengikuti assessment dan uji kompetensi.

Istana juga menyebutkan bahwa komunikasi koalisi masih terus dilakukan dengan partai Golkar, Demokrat, dan sejumlah partai lainnya. Meski menyatakan mampu mengusung calon sendiri, menurutnya koalisi penting untuk dilakukan demi pembangunan Kulonprogo.

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….