News
Senin, 18 April 2016 - 14:25 WIB

PILGUB DKI JAKARTA : Ahokers Bikin Surat Terbuka Soal Karni Ilyas, Ahok, Lapindo, dan Bakrie

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Karni Ilyas. (Istimewa/Youtube)

Pilgub DKI Jakarta kembali memanas seiring saling sindir antara Karni Ilyas dan pendukung ahok.

Solopos.com, SOLO – Beberapa hari terkahir beredar pernyataan yang disebut-sebut berasal dari Pemimpin Redaksi TVOne, Karni Ilyas, untuk Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Tak lama berselang, pernyataan Karni itu dibalas oleh pendukung Ahok.

Advertisement

Dalam pernyataan yang beredar via media sosial, Karni menyatakan terusik atas perlakuan Ahok terhadap rakyat miskin. Dalam pernyataan itu, Karni mengutip pernyataan Menteri Susi Pudjiastuti soal pantai di Jakarta.

Karni saat itu juga menyinggung penggusuran warga Luar Batang. “Saya tdk bisa bayangkan penduduk Luar Batang, Pasar Ikan yg sudah empat generasi di lokasi itu

Advertisement

Karni saat itu juga menyinggung penggusuran warga Luar Batang. “Saya tdk bisa bayangkan penduduk Luar Batang, Pasar Ikan yg sudah empat generasi di lokasi itu

digusur dari rumah dan tanah kelahiran mereka dan tempat mereka mencari nafkah,” tulis pernyataan itu.

Karni mengaku terusik karena dirinya juga pernah menjadi sangat miskin.

Advertisement

Salah satu yang melancarkan protes adalah Karno Balfas. Dia menulis surat terbuka berjudul Dari Karno untuk Karni. Dalam surat terbuka itu dia menyindir Lapindo dan Bakrie.

Dikutip Solopos.com dari akun Facebook Karno, Senin (18/4/2016), inilah isi lengkap surat terbuka Karno;

Dari Karno untuk Karni

Advertisement

Karni Ilyas, Ahok, Lapindo dan Bakrie

Saya tidak anti Karni Ilyas.
Acara dia ILC di TV One kadang2 saya tonton kalau lagi butuh hiburan dan iseng. Pagi ini saya tergerak untuk merespon Karni Ilyas yg tulisannya di WA yang dikirim ke grup-grup : menyebutkan, dia menggugat Ahok soal gusuran di Pasar Ikan Luar Batang, seolah-olah Karni membela orang-orang miskin.

Penggusuran memang menyakitkan terlebih bagi mereka yang jadi korbannya. Namun yang tidak ditulis oleh Karni, warga yang digusur rumahnya di Pasar Ikan karena mereka menduduki tanah pasar, tanah publik, tanah bersama.
Pasar yang harusnya luas, nelayan dan pedagang bisa jualan, semakin menyempit karena lahannya dirampas, dijadikan rumah-rumah, kemudian dijual atau dikontrakkan.

Advertisement

Mereka para pengontrak itu, dan juga yang membangun rumah pribadi sekarang direlolasi ke rusun : Rawa Bebek dan Marunda.
Bekas rumah-rumah mereka akan dibangun kios dan perluasan pasar ikan, bukan dibangun mal, apartemen atau perumahan mewah.

Jadi mereka yg membangun rumah-rumah di tanah pasar telah menyerobot hak publik, hak tanah bersama.
Tanah yang harusnya dibangun Pasar buat bersama malah dibangun rumah-rumah pribadi.

Jadi, penggusuran yang dilakukan Ahok bisa dibilang sebagai bentuk pengembalian hak publik atas tanahnya. Tanah pasar dibangun bangunan pasar dan segala perlengkapannya; untuk digunakan bersama-sama pula, bukan rumah-rumah yang dikuasai pribadi-pribadi. Mereka yang telah menduduki tanah negara selama bertahun-tahun tidak dipidanakan, tidak pula digusur tanpa menyediakan tempat alternatif: mereka direlokasi ke rusun. Sampai di sini apakah Bang Karni paham?

Di atas adalah jawaban umum, jawaban khusus untuk Bang Karni, kalau dia peduli pada orang miskin, kemana suara Bang Karni, ILC dan TVOne terhadap korban lumpur Lapindo? Dia bungkam karena pemilik Lapindo dan TV One sama: Aburizal Bakrie. Malah TVOne menyesatkan menyebut sebagai Lumpur Sidoarjo (Lusi) bukan lumpur akibat perusahaan Lapindo milik Aburizal Bakrie, bos Karni Ilyas.

Lumpur Lapindo telah menggenangi 16 Desa di 3 Kecamatan. Total warga yang dievakuasi sebanyak lebih dari 25.000 jiwa mengungsi. Karena tak kurang 10.426 unit rumah terendam lumpur dan 77 unit rumah ibadah terendam lumpur. Lahan dan ternak yang tercatat terkena dampak lumpur hingga Agustus 2006 antara lain: lahan tebu seluas 25,61 ha di Renokenongo, Jatirejo dan Kedungcangkring; lahan padi seluas 172,39 ha di Siring, Renokenongo, Jatirejo, Kedungbendo, Sentul, Besuki Jabon dan Pejarakan Jabon; serta 1.605 ekor unggas, 30 ekor kambing, 2 sapi dan 7 ekor kijang. Sekitar 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja. Tercatat 1.873 orang tenaga kerja yang terkena dampak lumpur ini. Empat kantor pemerintah juga tak berfungsi dan para pegawai juga terancam tak bekerja. Tidak berfungsinya sarana pendidikan (SD, SMP), Markas Koramil Porong, serta rusaknya sarana dan prasarana infrastruktur (jaringan listrik dan telepon) Rumah/tempat tinggal yang rusak akibat diterjang lumpur dan rusak sebanyak 1.683 unit.

Dampak Lumpur Lapindo yang luar biasa mengerikan, tapi mana suara Karni Ilyas dan TVOne selama ini?

Karno Balfas

Ahokers

(semoga pesan ini sampai ke Bang Karni Ilyas)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif