Ilustrasi foto di tengah bencana (www.canto-photographer.com) Ilustrasi foto di tengah bencana (www.canto-photographer.com)
Senin, 18 April 2016 03:40 WIB Mayang Lestari/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

PELATIHAN ANTISIPASI BENCANA
Hadapi bencana, BPBD Gunungkidul Gencarkan Pelatihan SDM

Prediksi hujan akan mencapai puncaknya pada Maret, namun ternyata hingga April hujan masih terus mengguyur Kabupaten Gunungkidul.

 

Solopos.com, WONOSARI—Intensitas hujan diperkirakan masih tinggi hingga akhir April mendatang. Prediksi hujan akan mencapai puncaknya pada Maret, namun ternyata hingga April hujan masih terus mengguyur Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo mengungkapkan Intensitas hujan masih tinggi. Menurutnya, bahkan hingga hampir pertengahan bulan hujan yang turun justru semakin deras. Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi DIY terkait dengan perkiraan cuaca dan hujan.

“Kemarin saya mendengar informasi dari BMKG, hujan diperkirakan akan mencapai puncak hingga April. Kemarin kan perkiraannya sampai Maret saja,” kata dia kepada Harian Jogja, Minggu (17/4).

Budhi melanjutkan, demi menghadapi kemungkinan bencana yang dapat terjadi kapan saja, BPBD akan terus melakukan antisipasi antara lain dengan melakukan kontrol dan siaga selama 24 jam. Pihaknya pun akan mengerahkan seluruh Tim relawan dan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan terus memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan cuaca.

Selain itu, dalam kewaspadaan menghadapi bencana pada musim hujan kali ini, BPBD berusaha terus melakukan pelatihan penanggulangan bencana. Pada 3 dan 4 Mei mendatang, akan diadakan Gladi lapang di Desa Katongan, Nglipar dan Desa Sambirejo, Ngawen. Gladi lapang tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang paling akhir dalam pembentukan Desa Tangguh Bencana selama sepuluh kali pertemuan di Gunungkidul.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…