Ilustrasi
Senin, 18 April 2016 04:40 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

KESEJAHTERAAN ANAK
Sebanyak 1.005 Balita Gunungkidul Telantar

Keberadaan balita ini dirawat di 20 Taman Anak Sejahtera, di mana setiap tahuannya per anak mendapatkan bantuan Rp1,2 juta.

 

 

Solopos.com, WONOSARI – Sedikitnya 1.005 bayi di bawah usia lima tahun masuk dalam kategori terlatar. Data ini diperoleh dari pendataan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial.

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos RI Edi Suharto mengatakan, keberadaan balita terlantar menjadi tanggung jawab pemerintah. Untuk saat ini, keberadaan balita ini dirawat di 20 Taman Anak Sejahtera, di mana setiap tahuannya per anak mendapatkan bantuan Rp1,2 juta.

“Titik-titik Taman Anak Sejahtera ini saya tidak hafal, tapi salah satunya ada di Dusun Srimpin, Desa Karangmojo, Karangmojo,” kata Edi di sela-sela kegiatan kunjungan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ke Gunungkidul, Kamis (14/4) lalu.

Dia menjelaskan, data ini masih sementara dan tidak menutup kemungkinan masih banyak anak-anak yang kurang mendapatkan perawatan. Salah satu indikatornya bisa dilihat dalam pemberian 5.555 akta gratis ke warga Gunungkidul.

Menurut Edi, warga miskin dengan balita terlantar memiliki hubungan yang sangat erat. Pasalnya, kedua kategori ini merupakan subyek yang wajib menerima bantuan.

“Khusus untuk anak, bantuan akan terus diberikan. Di mana setiap tahun mendapatkan Rp1,2 juta untuk perawatan dan pengasuhan,” ujarnya.

Ketua Forum Komunikasi Daerah Taman Anak Sejahtera (FKDS) Gunungkidul Alifatun Mardiyah mengatakan, di bulan ini ada 21 anak bersama orang tua mengikuti simulasi Kelompok Bermain Keluarga di sekretariat FKDTAS di Dusun Srimpi, Desa Karangmojo, Karangmojo.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…