Ilustrasi antikorupsi (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)
Senin, 18 April 2016 09:35 WIB JIBI/Solopos/Newswire Hukum Share :

KASUS KORUPSI
Masih Ada 33 Buronan Kasus Korupsi Berkeliaran di Luar Negeri

Kasus korupsi ternyata menyisakan banyak buronan berkeliaran di luar negeri.

Solopos.com, BERLIN – Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil mengakhiri pelarian buronan kasus BLBI Samadikun Hartono karena ditangkap pada 14 April di China. Kepala BIN Sutiyoso menyebut, masih ada 33 orang lain yang dalam pengejaran.

“33 [orang], sangat banyak,” ucap Sutiyoso kepada wartawan di Berlin, Jerman, seperti dilansir detikcom, Minggu (18/4/2016) malam. Sutiyoso berada di Berlin mendampingi Presiden Jokowi untuk sejumlah agenda kenegaraan.

Menurutnya, pengejaran terhadap buronan kasus korupsi bukan semata-mata menyangkut uang yang dibawa lari dan merugikan negara, namun lebih dari itu adalah menjaga kewibawaan negara.

“Ini adalah masalah kewibawaan negara, bagaimana seseorang sudah divonis inkrah, harus dijalani dan mereka kabur. Itu pelemahan dan kita tidak membiarkan negara ini dilecehkan oleh seorang koruptor,” tegasnya.

Samadikun adalah buronan kasus korupsi kedua yang berhasil ditangkap di luar negeri di masa pemerintahan Jokowi-JK. Sebelumnya ada mantan Bupati Temanggung Totok Ary Prabowo yang ditangkap dalam pelariannya.

“Mantan bupati Temanggung ini ditangkap di Kamboja tanggal 8 Desember 2015 sekitar pukul 15.00 WIB,” ucap Sutiyoso.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. ARTHA PRIMA FINANCE CAB SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pertanian Maju, Petani Sejahtera

Gagasa ini dimuat Harian Solopso edisi Kamis (16/11/2017). Esai ini karya Budi Sutresno, anggota staf Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar. Solopos.com, SOLO–“Maju Pertaniannya, Sejahtera Petaninya” adalah semacam doa yang diilhami dari tagline Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjelang perayaan seabad Kabupaten…