Ilustrasi kilang minyak. (JIBI/Antara/Xinhua)
Senin, 18 April 2016 11:10 WIB JIBI/Bisnis Ekonomi Share :

HARGA MINYAK DUNIA
Pembekuan Produksi Batal, Harga Minyak Mentah Kembali Anjlok

Harga minyak dunia kembali anjlok menyusul pembekuan produksi batal disepakati.

Solopos.com, NEW YORK – Harga minyak mentah anjlok setelah pembicaraan di Doha antara produsen minyak mentah terbesar dunia berakhir tanpa kesepakatan pembekuan produksi.

Harga minyak West Texas intermediate untuk pengiriman Mei melemah US$2,75 ke posisi US$37,93 per barel pada pukul 06.07 waktu Hong Kong (5.07 WIB). Sebelumnya, kontrak tersebut jatuh US$1,14 ke US$40,36 per barel pada hari Jumat.

Sementara itu, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni melemah US$3 atau 7% ke US$40,10 per barel. Kontrak tersebut sebelumnya ditutup melemah 1,7% ke US$43,10 pada hari Jumat minggu lalu.

Pertemuan tingkat tinggi di ibukota Qatar gagal menemui kesepakatan setelah Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya tidak setuju untuk membekukan produksi kecuali semua anggota OPEC setuju, termasuk Iran yang tidak menghadiri pertemuan itu, kata Menteri Energi Rusia Alexander Novak setelah pertemuan.

Secara terpisah, wakil kepala eksekutif untuk keuangan dan juru bicara di Kuwait Oil Co Saad Al-Azmi mengatakan perselisihan perburuhan di Kuwai memangkat produksi minyak negara tersebut menjadi 1,1 juta barel per hari.

16 negara yang mewakili sekitar setengah produksi minyak dunia berkumpul pada hari Minggu untuk mencari solusi kelebihan pasokan minyak global yang mendorong harga ke level terendah selama 12 tahun terakhir.

“Mengingat harapan menjelang pertemuan di Doha, kegagalan kesepakatan pembekuan produksi cenderung menyebabkan aksi jual di pasar minyak mentah,” kata Jason Bordoff, direktur pusat kebijakan energi global di Columbia University kepada Bloomberg.

 

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…