Ilustrasi aktivitas perbankan Bank Jateng. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos) Ilustrasi aktivitas perbankan Bank Jateng. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)
Senin, 18 April 2016 20:50 WIB JIBI/Solopos/Newswire Semarang Share :

EKONOMI JATENG
Presiden Jokowi Puji Kredit Bunga Rendah Bank Jateng

Ekonomi Jateng, khususnya perbankkan memberikan kredit bunga rendah.

Solopos.com, SEMARANG — Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi program pemberian pinjaman dengan bunga rendah dari Bank Jateng karena menjadi kebijakan kredit usaha rakyat dengan bunga terendah di seluruh Indonesia.

“Pak Jokowi mengapresiasi kebijakan tersebut karena sebelumnya tidak pernah ada bank, baik BUMN maupun swasta, yang berani mengucurkan kredit dengan bunga 7 persen dan 2 persen di Indonesia,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Minggu (17/4/2016) sebagaimana dikutip Antara.

Hal tersebut disampaikan Ganjar di sela lomba mancing memperingati HUT Ke-43 Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang berlangsung di Puri Maerokoco, kompleks PRPP Semarang.

Menurut Ganjar, apresiasi terhadap program Bank Jateng berupa “Mitra Jateng 25” dan “Mitra Jateng 02” tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat bertemu dirinya di Kabupaten Brebes, beberapa waktu lalu.

“Bapak Presiden dan Menteri Keuangan (Bambang Brodjonegoro) beserta beberapa gubernur sempat bertanya, kok, bisa seperti itu bagaimana, sedangkan bank-bank lain tidak bisa,” ujarnya.

Sejumlah pihak tersebut, kata Ganjar, mempertanyakan penerapan kebijakan kredit bunga rendah yang juga menurunkan setoran bank kepada pemerintah dan pendapatan asli daerah.

Kepada sejumlah pihak itu, Ganjar menyatakan bahwa setoran pendapatan ke pemerintah tidak ada artinya dibanding usaha membantu rakyat mendapatkan modal kerja secara mudah.

“Saya sampaikan inilah bentuk keberpihakan nyata pemerintah kepada usaha rakyat. Selama ini pelaku usaha kecil kalau butuh modal lima ratus ribu sampai satu juta itu menggantungkan modal pada rentenir karena kalau ke bank syaratnya ‘ribet’,” katanya.

Ganjar menjelaskan bahwa Bank Jateng bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menawarkan solusi permodalan untuk usaha mikro kecil sekaligus menjawab upaya menurunkan angka kemiskinan melalui pemberian “kail” modal usaha dengan persyaratan mudah dan suku bunga kredit “single digit”.

Dengan kredit “Mitra Jateng 25”, usaha mikro kecil dapat makin tumbuh dan berkembang, sedangkan pelaku usaha mikro dapat mengawali usaha dengan tambahan modal kredit maksimal Rp25 juta.

Terkait dengan hal tersebut, Bank Jateng siap mengucurkan kredit “Mitra Jateng 25” untuk menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 s.d. 2018.

Program kredit “Mitra Jateng 25” akan menggunakan fitur dengan plafon maksimal Rp25 juta per debitur dengan suku bunga kredit 7 persen per tahun efektif atau setara 3,72 persen flat per tahun atau 0,2 persen per bulan dengan jangka waktu kredit maksimal 3 tahun dan mendapatkan fasilitas tanpa agunan, tanpa biaya apa pun.

Program “Mitra Jateng 02” untuk permodalan awal pendirian usaha mikro, kecil, dan menengah dengan dana maksimal Rp2 juta dan bunga 2 persen.

Kedua program pinjaman Bank Jateng tersebut tidak mensyaratkan agunan dan tanpa biaya administrasi.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…