Iphone 6S Mini (Youtube) Iphone 6S Mini (Youtube)
Senin, 18 April 2016 21:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Gadget Share :

Daur Ulang Perangkat, Apple Raup 1 Ton Emas!

Apple mengungkapkan hasil daur ulang perangkatnya menghasilkan 1 ton emas.

Solopos.com, SOLO – Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Apple, mengungkap hasil daur ulang perangkatnya menghasilkan 2.204 pon atau setara 1 ton emas.

Dengan harga emas yang kini berkisar di angka USD 1.229 per ons, maka emas yang didapat oleh Apple bernilai kurang lebih US$39 atau setara Rp513 miliar.

Dilansir Detik dari Bussines Insider, Selasa (18/4/2016) secara total, ada 61 juta pon material yang didapat dari kegiatan daur ulang itu, terdiri dari baja, aluminum, kaca, dan berbagai material lain termasuk emas. Dan material selain emas itu pun mempunyai nilai yang tinggi.

Tembaga misalnya, dengan bobot 2,9 juta pon akan mempunyai nilai USD 6,4 juta atau 84,2 miliar. Sementara aluminum seberat 4,5 juta pon nilainya mencapai USD 3,2 juta atau Rp42,1 miliar.

Program daur ulang Apple ini disebut sudah mengumpulkan hampir 90 juta pon sampah elektronik. Atau sekitar 71% dari jumlah perangkat yang dijual Apple selama tujuh tahun ke belakang.

Demi mensukseskan program daur ulang ini, Apple pun mengoperasikan sistem robot bernama Liam, yang bisa mempereteli Iphone untuk mengumpulkan bahan-bahan pembuatnya yang masih berharga.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…