Jogja
Senin, 18 April 2016 - 10:40 WIB

BENCANA ALAM : Musibah Longsor Masih Mengancam di Zona Rawan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor. (JIBI/Solopos/Antara)

Hujan yang masih mengguyur menjadi salah satu indikator potensi musibah tersebut.

 

Advertisement

 

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, PATUK – Badan Penaggulangan Bencana Daerah Gunungkidul meminta masyarakat untuk mewaspadai terhadap ancaman longsor. Hujan yang masih mengguyur menjadi salah satu indikator potensi musibah tersebut.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, hujan yang terus mengguyur selama dua hari terkahir mengakibatkan longsor di Kecamatan Patuk dan Gedangsari.

Advertisement

Sementara itu, empat titik lainnya terjadi di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari. Rumah milik Basuki34, di Dusun Mertelu RT 05 RW 03 Desa Mertelu dan rumah Sumarno,35, di Dusun Mertelu Kulon RT 02 RW 02 Desa Mertelu mengalami kerusakan karena tertimpa longsoran tanah bercampur batu.

“Kejadianya terjadi Sabtu [16/4/2016]. Di Gedangsari masih ada dua rumah yang tertimpa longsor, tapi kerusakannya relatif ringan,” kata Sutaryono kepada wartawan, Minggu (17/4/2016).

Dia menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor di sejumlah tempat itu. Namun demikian, Sutaryono pun berharap agar masyarakat, khususnya di daerah rawan untuk tetap waspada. Hujan yang masih terus mengguyur menjadi salah satu penyebab terjadinya longsor.

Advertisement

“Kesiapsiagaan itu tetap dibutuhkan guna mengurangsi dampak dari risiko bencana,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo telah mencabut status siaga longsor yang ditetapkan sejak awal tahun ini. status itu dicabut pada 1 April lalu, namun demikian warga diminta tetap waspada terhadap ancaman longsor.

“Meski status telah diturunkan, seluruh personel tetap disiagakan. Untuk warga kami minta untuk tetap waspada karaena hujan masih tetap turun,” kata Budhi.

Advertisement

Dia menjelaskan, zona rawan longsor terdapat di enam kecamatan, meliputi Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen, Semin dan sebagian Ponjong. Guna mengurangis risiko bencana, selain kewaspadaan dari masyarakat, BPBD juga terus mengembangkan desa siaga bencana.

“Harapanya dengan dibentuknya desa tanggap bencana, masyarakat bisa memiliki kewaspadaan bencana serta bisa mengambil tindakan yang benar saat musibah terjadi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif