Jateng
Senin, 18 April 2016 - 12:50 WIB

AGENDA SALATIGA : Begini Kemeriahan IICF UKSW

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga asal Kalimantan menampilkan tarian sebelum mengikuti pawai budaya, Sabtu (16/4/2016). (Imam Yuda S/JIBI/Semarangpos)

Agenda Salatiga yang dikemas dalam Indonesia International Culture Festival (IICF) 2016 menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia.

Semarangpos.com, SALATIGA – Lapangan sepak bola Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Sabtu (16/4/2016) pagi, tampak ramai. Ratusan mahasiswa UKSW yang berasal dari berbagai daerah hadir di lapangan yang berada di tengah-tengah kampus UKSW itu.

Advertisement

Dengan mengenakan busana asal daerahnya masing-masing, mereka bersiap menggelar pawai budaya mengelilingi Kota Salatiga. Ada sekitar 19 suku bangsa yang merupakan mahasiswa UKSW yang tampil dalam pawai ini mulai dari Poso, Jawa, Sumba, Talaud, Sulawesi Utara, Toraja, Pinaesaan, Minahasa, Batak Simalungun, Sumatra Selatan, Maluku, Batak Karo, Kupang, Halmahera, Lampung, Papua, Kalimantan Tengah, Kalimantan, Nias, Batak Toba dan juga perwakilan dari Timor Leste.

Rektor UKSW, Prof. Dr (HC) Pendeta John A. Titaley Th. D, dalam sambutannya sebelum pawai, mengaku bangga bisa membagikan keberagaman budaya para mahasiswanya kepada masyarakat Salatiga melalui acara ini.

Advertisement

Rektor UKSW, Prof. Dr (HC) Pendeta John A. Titaley Th. D, dalam sambutannya sebelum pawai, mengaku bangga bisa membagikan keberagaman budaya para mahasiswanya kepada masyarakat Salatiga melalui acara ini.

“Dalam dua tahun, kita menggelar pawai sebanyak dua kali. Yang pertama saat orientas mahasiswa baru pada bulan Agustus dan yang kali kedua adalah pawai budaya ini.Pawai budaya ini untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa kampus ini memiliki keberagaman budaya yang dibawa oleh mahasiswanya,” terang John.

John menambahkan bahwa dengan pawai ini semakin menunjukkan bahwa Kota Salatiga merupakan kota yang plural karena diisi oleh berbagai etnis yang sebagian besar merupakan mahasiswa UKSW.

Advertisement

Pawai dimulai sekitar pukul 09.30 dengan rute mulai dari lapangan sepak bola UKSW melintasi Jl Diponegoro menuju Jl. Mongisidi, Jl. Kartini, Jl. Moh Yamin, Jl. Lagensuko, Bundaran Kaloka dan kembali ke Jl. Diponegoro untuk kembali ke kampus UKSW.

Permainan daerah

Di sepanjang perjalanan, masyarakat yang menyaksikan sangat terhibur. Hal ini tak lain karena selain menampilkan keanekaragaman budaya lewat pakaian tradisional, para mahasiswa ini juga menampilkan permainan tradisional daerahnya yang ditunjukkan di tiga lokasi berbeda, yakni Jl Kartini, depan Hotel Mutiara dan Bundaran Kaloka.

Advertisement

Tampak etnis Nias menampilkan lompat batu, sedangkan etnis Maluku yang tergabung dalam HIPMMA menampilkan Saureka-reka. Tak ketinggalan etnis Papua yang tergabung dalam HIMPPAR juga menampilkan permainan daerahnya, yakni Benteng.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengaku salut dengan performa yang ditunjukkan para mahasiswa UKSW itu. Selain menunjukkan keanekaragaman, acara ini diyakininya mampu menarik perhatian wisatawan ke Salatiga.

“Di mana lagi di Jawa ini bisa melihat penampilan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, selain di Salatiga,” ujar Yuliyanto saat dijumpai Semarangpos.com di sela-sela pawai.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Agenda Salatiga IICF UKSW
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif