Ilustrasi perekaman data e-KTP. (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi perekaman data e-KTP. (JIBI/Solopos/Dok.)
Senin, 18 April 2016 20:40 WIB Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KARANGANYAR
Ini Kendala Perekaman E-KTP

Administrasi kependudukan Karanganyar, ada sejumlah kendala dalam perekaman data E-KTP di tiap kecamatan.

Solopos.com, KARANGANYAR–Perekaman dan pencetakan e-KTP di sentra pelayanan administrasi kependudukan di setiap kecamatan terkendala koneksi dan jumlah operator.

Pantauan Solopos.com, pemohon rekam data e-KTP di Kecamatan Karangpandan berjubel sejak pagi pada beberapa hari lalu. Menurut petugas perekam data, antrean minimal 150 orang per hari. Camat Karangpandan, Aji Pratama Heru Kristianto, menyampaikan pengisian informasi pribadi dan pengambilan gambar tidak terkendala. Tetapi, kadang koneksi tidak stabil. Hal itu menghambat proses pencetakan kartu.

Selain itu, operator perekaman dan pencetakan e-KTP hanya satu orang di Kecamatan Karangpandan. Hal itu membuat proses perekaman dan pencetakan terkesan lambat. Heru, sapaan akrab Aji Pratama Heru Kristianto, menyampaikan sudah meminta Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Karanganyar memperbaiki layanan.

“Anggota staf kecamatan terpaksa diperbantukan untuk perekaman dan pencetakan e-KTP. Kerja sehari-hari tidak bisa maksimal,” kata Heru saat ditemui wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (18/4/2016).

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Karanganyar, Suprapto, menyampaikan kinerja perangkat berada di luar kemampuan daerah. Dia menampik apabila koneksi internet terkendala selama beberapa hari sehingga menghambat perekaman dan pencetakan e-KTP. “Kadang jaringan putus satu jam atau lebih. Tidak sampai berhari-hari. Kadang karena server pusat meski, kadang karena server lokal. Tidak bisa diprediksi. Kami mengakui belum menyediakan fasilitas dan personel kurang,” tutur dia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyiapkan empat lokasi perekaman dan pencetakan e-KTP, yakni kantor Dispendukcapil Karanganyar, kantor Kecamatan Colomadu, kantor Kecamatan Karangpandan, dan kantor Kecamatan Jumapolo. Kantor Kecamatan Colomadu melayani pencetakan e-KTP warga Colomadu dan Gondangrejo, kantor Kecamatan Karangpandan melayani pencetakan e-KTP warga Karangpandan, Tawangmangu, Matesih, Ngargoyoso, dan Jenawi. Kantor Kecamatan Jumapolo melayani pencetakan e-KTP warga Jumapolo, Jumantono, Jatipuro, dan Jatiyoso.

“Kalau perekaman dapat dilakukan di semua kantor kecamatan. Kantor Dispendukcapil melayani perekaman 50-100 orang per hari dan cetak e-KTP 300-400 lembar per hari. Kecamatan Colomadu dan Karangpandan melayani pencetakan 50-100 lembar per hari. Kecamatan Jumapolo mencetak e-KTP 30-50 lembar per hari,” tutur dia.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…