Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis) Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)
Minggu, 17 April 2016 01:05 WIB Peni Widarti/JIBI/Bisnis Madiun Share :

PERDAGANGAN JATIM
Pakde Karwo Minta OJK Bikin Skema Kredit Perdagangan Antardaerah

Perdagangan Jatim mengupas tentang usulan skema kredit.

Solopos.com, SURABAYA –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta mempelajari dan membuat skema kredit yang tepat untuk kredit pembelian barang atau produk asal Jawa Timur (Jatim) oleh daerah lain dalam perdagangan antardaerah.

Ususlan itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo seusai Pelantikan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jatim, Kamis (14/4/2016), di Surabaya.

“Kalau ini ada skemanya akan sangat bagus. Misalnya satu daerah di Indonesia timur membeli barang atau produk dari Jatim sebanyak 30 ton, nah 10 tonnya mereka bayar dan 20 tonnya pakai kredit,” kata dia.

Dia menambahkan skema kredit semacam itu akan menggerakkan sektor keuangan dan perdagangan sekaligus. “Tapi kan belum ada aturannya,” ungkap Pakde Karwo.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, mengatakan skema kredit untuk perdagangan antardaerah ini merupakan ide kreatif.

“Itu ide bagus, tapi istilah kreditnya nanti dicari dulu yang pas karena pasti ada mekanismenya dan tinggal di-launching. Kalau berhasil, misalnya daerah lain bisa melakukannya juga,” jelas dia.

Muliaman menambahkan usulan kredit perdagangan antardaerah tersebut merupakan produk baru di sektor jasa keuangan sehingga bisa menjadi pertimbangan oleh bank-bank yang siap memberikan kredit kepada calon pembeli barang.

“Mungkin nanti yang perlu diperhatikan adalah calon pembeli yang sudah ada akan dievaluasi oleh bank di sini,” pungkas dia.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….