Ilustrasi berpikir (thinkcrowdfund.ticketleap.com) Ilustrasi berpikir (thinkcrowdfund.ticketleap.com)
Minggu, 17 April 2016 23:40 WIB JIBI/Solopos/Newswire Sains Share :

HASIL PENELITIAN
Kenapa Orang Menggaruk Kepala saat Berpikir?

Hasil penelitian menyebutkan alasan seseorang menggaruk kepala saat tengah berpikir.

Solopos.com, SOLO – Banyak orang cenderung menggaruk kepala secara tak sadar saat berpikir keras. Selain gestur otomatis, ternyata ada penjelasan ilmiah di balik hal ini.

Seorang psikolog mengatakan gerakan menyentuh kepala merupakan upaya untuk menghibur diri saat stres. Ini seperti memberikan diri tepukan meyakinkan.

Dilansir Okezone.com dari Quora, Sabtu (16/4/2016), menggaruk kepala menjadi salah satu cara melepaskan stres karena tidak mengetahui sesuatu. Garukan itu diarahkan ke kepala karena itulah sumber penderitaan seseorang ketika tidak mengetahui sesuatu.

Neuropsychologis mungkin mengatakan menggaruk kepala adalah orang-orang yang belajar baik dengan sentuhan atau gerakan. Setiap orang memiliki modus belajar yang dominan, misalnya melalui visual, auditori, atau sensorik.

Seseorang yang belajar dengan baik melalui visual atau penglihatan mungkin mengarahkan pandangan mereka ke langit sambil merenung, sementara orang aural mungkin menarik-narik telinga.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…