Peluncuran Toyota Sienta di IIMS 2016. (Okezone.com)
Minggu, 17 April 2016 06:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 4 Share :

BURSA MOBIL
Nissan Siapkan Penantang Toyota Sienta?

Bursa mobil segmen MPV semakin panas setelah lahirnya Sienta.

Solopos.com, JAKARTA – Lahirnya Toyota Sienta membuat bursa mobil segmen MPV di Tanah Air semakin memanas. Lebih lagi mobil terbaru Toyota itu hadir dengan pintu geser layaknya kendaraan mewah sebagai andalannya.

Satu pabrikan sudah merasa terusik, yakni Honda. Mereka dikabarkan mulai mengebut pengerjaan Honda Freed generasi terbaru supaya bisa dirilis antara 2016-2017. Lantas bagaimana dengan Nissan?

General Manager Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Budi Nur Mukmin menjelaskan pihaknya tidak tertarik menciptakan mobil baru untuk menantang Sienta. Bukan karena takut, tetapi karena NMI sudah memiliki produk serupa, hanya lebih besar.

”Strategi kami tidak meniru kompetitor, dan sebetulnya kami juga punya model seperti itu [mobil MPV dengan pintu geser]. Kami ada Nissan Evalia, lainnya ada Nissan Serena,” ungkap Budi seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (15/4/2016).

Budi tidak memungkiri jika mobil berpintu geser memang memiliki daya tarik tersendiri. Menurutnya, itulah yang membuat pasarnya tetap ada. Itu terbukti melalui konsistennya penjualan mobil pintu geser milik Nissan meski dengan jumlah yang terbilang kecil.

Misalnya Nissan Evalia, menurut Budi, MPV itu terjual antara 100-200 unit per bulan tahun 2015 lalu. Sementara menurut data Gaikindo, pada Januari-Februari 2016, Evalia terjual sebanyak 77 unit. Sedangkan kakaknya, Nissan Serena, terjual 203 unit.

Untuk diketahui, selain terkesan lebih berkelas, mobil dengan pintu geser juga memiliki sejumlah keunggulan lain. Misalnya saja, tidak perlu ruang terlalu banyak untuk parkir dan lebih mudah bagi penumpang untuk mengakses kabin mobil.

Tetapi meski mengaku tidak terusik, bukan berarti NMI benar-benar diam tanpa perlawanan. Sebab pabrikan asal Jepang itu sebentar lagi merilis crossover tujuh penumpang (7-seater) lewat Datsun Indonesia.

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…