Lifestyle
Sabtu, 16 April 2016 - 04:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Hati-Hati, Garam Bisa Sebabkan Retensi Cairan dalam Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengonsumsi garam (healthmeup.com)

Tips kesehatan kali ini menjelaskan tentang bahaya garam.

Solopos.com, SOLO — Pada umumnya, definisi makanan enak adalah makanan yang kaya akan cita rasa. Rasa asin jadi salah satu rasa yang kerap digemari orang.

Advertisement

Tapi, tahukah Anda? Ternyata terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan risiko kesehatan, seperti gangguan ginjal, jantung hingga masalah otak.

Dikutip Solopos.com dari laman Huffingtonpost, Sabtu (9/4/2016), terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan retensi cairan. Maka dari itu, penting bagi Anda mengontrol asupan garam pada makanan.

Terkait dengan bahaya kelebihan garam yang menyebabkan retensi cairan, berikut penjelasan mengenai hal tersebut.

Advertisement

Sebabkan Dehidrasi
Mengonsumsi terlalu banyak garam akan membuat Anda selalu haus. Alhasil, Anda minum terlalu banyak dan cairan dalam tubuh menjadi berlebihan.

Anda  harus mengontrol kadar garam pada makanan yang Anda konsumsi. Rata-rata orang mengonsumsi garam kurang dari 1500 miligram perhari.

Gejala
Gejala retensi cairan yang disebabkan peningkatan garam dalam tubuh yaitu kaki, tangan, dan siku membengkak. Dalam kurun waktu singkat, berat badan juga meningkat. Apabila gejala itu terjadi, segera periksakan diri ke dokter. (Dwi Septiani Putri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif