Ilustrasi penipuan dengan memanfaatkan ATM (daz3d.com) Ilustrasi pembobolan rekening bank dengan memanfaatkan ATM (daz3d.com)
Sabtu, 16 April 2016 00:40 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

PENIPUAN
Lansia Ditipu Perwira Gadungan Rp20 Juta

Pelaku mengaku sebagai perwira polisi bernama AKP Sugianto meminta korban mengirim uang dengan mengatakan bahwa putra korban terlibat narkoba.

 

 

Solopos.com, SLEMAN – Seorang lansia Heri Supradno, 78, warga warga Jlamprang RT02/RW10 Pandowoharjo, Sleman menjadi korban penipuan sebesar Rp20 juta belum lama ini. Pelaku mengaku sebagai perwira polisi bernama AKP Sugianto meminta korban mengirim uang dengan mengatakan bahwa putra korban terlibat narkoba.

Kapolsek Sleman Kompol Teguh Sumartoyo menjelaskan, pelaku mengaku sebagai polisi kemudian menghubungi telepon rumah korban pada dinihari. Penelpon mengabarkan bahwa putra korban terkena kasus narkoba di Tangerang. Pelaku bahwa berpura-pura menyampaikan ponsel tersebut kepada putra korban yang diperankan oleh orang lain. Mendengar suara yang mirip dengan anaknya, korban pun percaya.

“Anaknya itu diperankan orang lain berbicara lewat telepon, menyampaikan bahwa dia sedang ditahan di kantor polisi,” terangnya, Jumat (15/4/2016).

Pelaku yang mengaku sebagai anak korban itu juga berpesan agar tidak memberitahukan ke orang lain terkait kasus tersebut. Kemudian AKP Sugiyanto gadungan tersebut meminta dikirim uang melalui rekening BRI atasnama Vicky dengan nomor 1092010027443539 sebesar Rp20 juta. Kemudian pagi harinya sekitar pukul 08.30 WIB korban melakukan transfer di BRI Unit Beran.

“Anaknya memang kerja di Tangerang. Setelah ditelpon ibunya ternyata yang bersangkutan tidak terkena masalah apa-apa. Kami sudah cek, ternyata uang yang ditransfer itu sudah diambil penerimanya di Medan,” ungkap dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
DIBUTUHKAN TENAGA JAHIT, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…