Sport
Sabtu, 16 April 2016 - 16:10 WIB

FORMULA ONE 2016 : Nico Rosberg Raih Pole, Rio Haryanto Ungguli Hamilton

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto di kualifikasi GP Australia di Sirkuit Alber Park, Melbourne, Sabtu (19/3/2016). (Istimewa/Manor Racing)

Formula One 2016 sesi kualifikasi GP Tiongkok dimenangi Nico Rosberg dan Rio Haryanto mengungguli Hamilton.

Solopos.com, SHANGHAI — Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, meraih pole position pertamanya di musim 2016. Sementara itu, rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton, justru start paling belakang.

Advertisement

Sesi kualifikasi Formula One 2016 GP Tiongkok, di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu (16/4/2016) berlangsung dalam kondisi kering. Berbeda dengan sesi free practice III beberapa jam sebelumnya yang berlangsung setelah sirkuit diguyur hujan.

Rosberg menjadi pembalap tecepat setelah menorehkan catatan waktu terbaik 1 menit 35,402 detik. Catatan waktu tersebut diraihnya dengan dramatis lantaran didapatkannya di menit-menit akhir kualifikasi sesi ketiga.

Sebelumnya, pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, sempat memimpin sesi. Ketika Rosberg sudah menyelesaikan sesi, Raikkonen masih berada di lintasan sehingga masih memiliki kesempatan untuk mengalahkan catatan waktu Rosberg.

Advertisement

Namun, Raikkonen tetap gagal melampaui catatan waktu Rosberg. Pada akhirnya, pembalap asal Finlandia itu mengakhiri sesi dengan berada di urutan ketiga. Raikkonen menorehkan catatan waktu 1 menit 35,972 detik.

Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, berada di posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 35,917 detik. Ia berselisih 0,515 detik dari catatan waktu Rosberg.

Sementara itu, Hamilton sudah tereliminasi sejak kualifikasi sesi pertama. Mobilnya tiba-tiba mengalami masalah, yang mana membuatnya masuk pit lebih awal tanpa menorehkan catatan waktu sama sekali. Ditambah penalti mundur grid lantaran mengganti girboks, Hamilton dipastikan start dari urutan paling belakang, yakni posisi ke-22.

Advertisement

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, start dari urutan ke-20 dengan catatan waktu 1 menit 40,264 detik. Rio juga tereliminasi pada saat sesi kualifikasi sesi pertama, meski di sesi yang sama sempat menempati urutan 10 besar. Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, start dari urutan ke-19 lantaran melintir di sesi pertama.

Di sesi kedua, Felipe Massa, Fernando Alonso, Jenson Button, Romain Grosjean, Marcus Ericsson, dan Felipe Nasr menjadi pembalap yang tereliminasi. Pada sesi kedua juga sempat terjadi insiden saat ban depan mobil Nico Hulkenberg lepas. Beruntung, Hulkenberg tidak tereliminasi di Q2 lantaran catatan waktunya lebih baik dari enam pembalap di belakangnya.

Lantaran insiden yang dialami Hulkenberg itu, sesi kedua kualifikasi dihentikan ketika masih menyisakan waktu sekitar satu menit. Red flag dikibarkan dan race control menyatakan sesi tidak dilanjutkan kembali.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif